Review Singkat 13 Reasons Why, Jay Asher

Review 13 Reasons Why, Jay Asher

Judul : 13 Reasons Why
Penulis : Jay Asher
Penerbit : penerbit Spring
Tebal Buku: 324 Halaman

Kau tidak bisa menghentikan masa depan. Kau tidak bisa mundur ke masa lalu. Satu-satunya cara untuk mengetahui rahasia itu adalah menekan...Play.

Clay Jensen pulang dari sekolah dan menemukan sebuah paket berisi setumpuk kaset. Namun, ternyata pengirim kaset-kaset itu adalah Hannah Baker – teman sekolahnya yang bunuh diri dua minggu lalu. Dalam kaset-kaset itu, Hannah menjelaskan alasan-alasan kenapa dia bunuh diri dan siapa saja yang terlibat di dalamnya. Clay menjadi salah satunya.

Hannah Baker sudah tiada. Seharusnya rahasia-rahasia itu terkubur bersamanya. Namun, setelah mendengarkan isi kaset, Clay paham kenapa dia menjadi salah satu alasan Hannah.

Sepanjang malam, Clay mendengarkan kaset Hannah. Dia mengikuti petunjuk yang Hannah berikan untuk menyusuri kota kecilnya. Namun, yang dia temukan kemudian mengubah hidupnya selamanya....

Review Singkat Thriteen Reasons Why, Jay Asher

Berkisah tentang seorang anak bernama Hannah Baker yang mengalami kekerasan psikis dan menyebabkan dia berpikiran untuk bunuh diri. Melalui 13 sisi kaset yang dia rekam sendiri sebelum dia mengakhiri hidupnya, dia menjelaskan 13 alasan kenapa dia memutuskan untuk bunuh diri.

Hannah baker mengalami pembullyan di sekolahnya, mulai dari daftar sinting yang membuat dia terjebak diantara rumor yang tidak di inginkannya, menjadikannya sorotan satu sekolah yang sama sekali dia tidak sukai. berlanjut pada rentetan kejadian yang lama kelamaan menghancurkan hidupnya. Ketiadaan dukungan dari orang dewasa, membuat dia berpikir kalau hidupnya harus "dihentikan".

Dari buku ini kita belajar bahwa masa remaja memang masa yang sungguh sulit, masa transisi menuju kedewasaan dimana para remaja agak sulit untuk mengetahui mana yang salah dan mana yang benar. untuk itu, dukungan para orang tua memang sangat diperlukan. Dan tentunya keterbukaan akan segala masalah yang di hadapi remaja harus di utarakan.

Hal ini memang kerap terjadi di lingkungan sekolah di negara maju, sehingga peran orang tua dan guru-guru amat sangat diperlukan.

Pesan utama dari buku ini adalah, jika kalian memiliki teman atau saudara yang menunjukkan ciri-ciri depresi, segera tolonglah dia dengan berteman baik dengannya, mungkin hal itu akan sedikit membantunya.

Tonton dan dengarkan juga review 13 Reasons Why, Jay Asher di YouTube dan Podcast Teman Buku


Posting Komentar

0 Komentar