Jenaka dan Bijak Seorang Sufi Dalam Kitab Komik Sufi 1 & 3 Karya Ibod

 

Review Komik Kitab Komik Sufi 1 & 3, Ibod

Judul : Kitab Komik Sufi 1 & 3

Ilustrator : Ibod

Penerbit : Gramedia Pustaka

Cover Kitab Komik Sufi 1 & 3

Aku baca 2 komik sekaligus, komik pertama di gramedia digital dan komik ketiga dalam bentuk fisik. Covernya sekilas mirip tapi warnanya berbeda, komik pertama berwarna biru, yang kedua kuning, dan yang ketiga hijau. Sayang sekali aku ga punya komik keduanya. Dihias oleh ilustrasi seorang sufi dengan berbagai macam gaya, tapi tidak hanya sufi ada juga ilustrasi tokoh lainnya yang tentunya punya cerita di dalamnya.

Cerita Singkat Isi dari Komik Sufi

Ga banyak yang bisa aku ceritain soal isinya. Tapi ini ada penjelasan soal sufi itu sendiri.

Sufisme atau tasawuf adalah satu jalan penyucian jiwa berdasarkan ajaran islam, yang mengutamakan kecintaan pada Allah, kasih sayang, dan toleransi. Dalam Kitab Komik Sufi disajikan kumpulan kisah penuh hikmah dari kitab Sufi klasik dan hikayat turun-temurun, dalam bentuk komik yang menarik.

Yang paling aku ingat dari komik sufi ini adalah cerita tentang ayah, anak, dan keledai yang setiap bertemu orang, orang itu mengomentari mereka dengan beragam pandangan. Sebenarnya kisah ini banyak dijadikan meme dan malah bisa jadi sindiran bagi orang yang suka nyinyir.

Pro (yang aku suka)

  1. Ilustrasi lucu, ceritanya sederhana tapi punya makna yang mendalam yang terkadang bikin aku merenung dan mengingat dosa sendiri. (haha)

Contra (yang tidak aku suka)

Karena aku punya buku anekdot sufi yang sudah tua dan berasal dari tahun 1990-an yang isinya buat aku menyeramkan. Komik ini bisa jadi alternatifnya. Jadi, ga ada yang aku tidak suka dari komik ini, malah aku mau baca lagi di lain waktu.

Posting Komentar

0 Komentar