Review Buku IKIGAI, Hector Gracia & Francesc Miralles

 

Review Buku IKIGAI, Hector Gracia & Francesc Miralles

Judul : IKIGAI - Rahasia hidup bahagia dan panjang umur orang Jepang

Penulis : Hector Gracia & Francesc Miralles

Penerbit : Renebook

Tebal Buku : 232 Halaman

Sekilas isi buku Ikigai

Di pulau Okinawa di Jepang, penduduknya memiliki rata-rata umur terpanjang di dunia. Di sana banyak sekali ditemukan Centenarian atau orang yang memiliki umur diatas 100 tahun. Saat ditanya apa rahasia mereka, mereka mengatakan karena mereka mengikuti ikigai mereka.

Apa itu Ikigai dan cara mencapainya

Menurut Hector dan Francesc yang sudah banyak meneliti tentang ikigai di Jepang, ikigai merupakan passion, tujuan hidup, alasan hidup, berbahagia dengan tetap menyibukkan diri, menjaga pikiran agar tetap aktif, dll. Namun, menurut para Centenarian Okinawa, Ikigai adalah alasan kita bangun di pagi hari.

Lalu bagaimana cara untuk mencapainya?

Ada banyak metode yang dipaparkan dalam buku ini, diantaranya

  1. Logoterapi = terapi untuk menemukan tujuan hidup
  2. Terapi Morita = terapi mengendalikan emosi
  3. Meditasi Naikan = terapi untuk meningkatkan rasa tanggung jawab diri.

Bisa juga dengan mencari flow atau arus. Sederhananya, saat kita sudah terbenam dalam suatu kegiatan yang menjadi passion kita sampai kita lupa waktu dan bahagia karenanya, artinya kita sudah mencapai flow. Dan flow ini menjadi hal penting untuk mencapai Ikigai.

Rahasia Umur Panjang dan Awet Muda

Bagi sebagian orang memiliki umur panjang dan tetap awet muda adalah impian. Yah. apalagi perempuan inginnya selalu tetap awet muda kan? Hihi. Nah, mari kita bahas tentang ini yang bisa aku dapatkan dari buku ikigai.

Menurut buku ini, rahasia umur panjang adalah dengan mencapai ikigai, makan makanan sehat, dan olahraga ringan.

Lalu bagaimana rahasia awet muda-nya?

Sebenarnya rahasia awet muda sudah mencakup ketiga syarat tadi namun aku akan memaparkan sedikit yang aku dapat tentang tips awet muda.

  1. belajar hal baru setiap hari, ini akan membuat otak dan pikiran kita tetap aktif
  2. menghindari stress, ini penting karena stress bisa mendorong penuaan sel
  3. melakukan olahraga ringan setiap hari seperti berjalan kaki
  4. tidur nyenyak dan tepat waktu selama 7-9 jam (mulai dari jam9/10 malam)
  5. mengkonsumsi makanan seimbang
  6. bersikap tenang dan berpikiran positif

Aku yakin temen-temen yang membaca review ini juga banyak mendengar persamaan dari tips awet muda yang sering dilihat di google. Namun, jika kalian membaca buku ini, kalian akan melihat wawancara yang dilakukan penulis kepada beberapa Centenarian dan mendapati sebagian besar dari mereka memang melakukan hal-hal di atas.

Pendapatku tentang buku IKIGAI

Aku perlu baca buku ini dua kali, karena di awal aku agak kesulitan mencari makna Ikigai yang sebenarnya. Setelah baca yang kedua kalinya baru aku paham kalau ikigai secara sederhana bisa diartikan sebagai passion, hal yang kita tekuni hingga lupa waktu dan membuat kita bahagia.

Di buku ini diberikan contoh nyata dari pendiri studio Ghibli, Hayao Miyazaki. Ikigai-nya adalah menggambar, saat dia memutuskan untuk pensiun, satu hari sebelum hari pensiunnya dia tetap ke kantor dan fokus menggambar karena memang itu sumber kebahagiaannya.

Saat kita sudah mengetahui ikigai kita dan menjalaninya, kita tidak akan mendapat kecemasan apapun, atau mengeluhkan tentang hidup karena memang kita bahagia menjalaninya. Semangat di pagi hari karena tahu akan mengerjakan hal yang menyenangkan, mudah tersenyum karena hal itu dan sukses menghindari stress. Inilah kunci awet muda dan umur panjang, secara sederhana tujuan hidup yang sebenarnya.

Namun tidak hanya itu, ada juga tips diet sehat ala Centenarian seperti makan sayur, makan buah, puasa dan minum teh hijau/teh putih. Hal ini juga bikin aku sadar kalau banyak iklan bertebaran yang mengkampanyekan hidup sehat dan minum teh hijau agar awet muda. Yang aku baru tahu itu teh putih ternyata memiliki kadar antioksidan lebih tinggi dari teh hijau. Dan percayalah kawan, aku langsung mencarinya di eCommerce. Haha.

Selain itu juga ada macam-macam meditasi yang bisa dilakukan sebagai olahraga ringan, mulai dari taichi, radio taisu, qigong, yoga dan shiatsu beserta manfaat dan cara melakukannya.

Jadi sebenarnya buku ini paket lengkap untuk kalian yang mencari tips menghindari stress, tips hidup bahagia, dan tips awet muda. Setidaknya kalian harus membaca buku ini sekali.

Quote Favorit

"mens sana in corpore sano" - dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat

Good night, and be happy teman buku semuanya..


Review buku ini juga bisa ditonton dan didengarkan di link dibawah ini :

Posting Komentar

0 Komentar