Mengatasi Jam Rawan Overthinking (Pukul 1-3 pagi)

Pictures from Unsplash

Siapa yang masih suka kebangun tengah malam begini dan ga bisa tidur lagi sampai jam 3 pagi? 

Tenang, kamu ga sendirian kok. Aku pun sering. Apalagi kalau tidur lebih awal seperti malam ini. Jam 8 malam sudah terlelap tidur, dan terbangun jam 11 malam. Sampai sekarang belum tidur lagi. 

Jam Rawan Overthinking 


Menurut banyak buku dan beberapa postingan, jam rawan overthinking terjadi dari jam 10 malam sampai jam 2 pagi. Di jam-jam seperti ini memang seharusnya sudah jadi jam tidur orang-orang. Tapi karena overthinking itu tadi, yang tadinya mau tidur malah ga bisa tidur karena kepikiran macam-macam. 

Kalau ini dibiarkan terus - menerus bisa berbahaya, karena tubuh kurang istirahat. Istirahat malam itu penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan fresh. 

Apa sih penyebabnya? 


Biasanya penyebabnya karena kecemasan. Terlalu memikirkan apa yang akan aku lakukan besok, besok akan jadi hari seperti apa. Atau mungkin memikirkan atas apa yang terjadi hari ini. 

Ini biasa terjadi jika kita sudah mengalami rumitnya kehidupan, dan akan berdampak lebih buruk lagi jika tidak ditangani dengan benar. 

Sudah hidup rumit, ditambah overthinking tiap hari. Apa ga pusing? 

Solusi sementara menghindari overthinking


Entah ini akan berguna atau tidak, tapi pengendalian diri memang perlu. Aku sendiri pun masih mempraktikkan hal ini. Tidak mudah, tapi perlu dicoba. 

1. Buat jadwal
Coba buat jadwal hari esok, kalau kamu memang lagi kepikiran besok mau ngapain aja dan takut lupa. Selain bisa menyalurkan overthinking, hal ini juga bisa membuat hati kamu tenang. 
Toh udah ada jadwalnya, kalau kamu lupa besok mau ngapain aja tinggal lihat jadwal. 

2. Menulis Jurnal/Diary
Ini juga bisa jadi sarana untuk menyalurkan overthinking kamu. Jika kamu mendapati hari ini buruk, tulis pengalamanmu di jurnal/diari. Coba baca lagi, apa ini masalah yang begitu serius hingga harus kamu pikirkan semalaman? Jika tidak, nunggu apa lagi? AYO TIDUR!! 

3. Menulis blog
Seperti yang sedang aku lakukan sekarang, aku mencoba menyalurkan overthinking ini lewat blog. 
Awalnya aku berpikir akan bercerita, tapi malah jadi bikin tips singkat. Tips yang tidak sengaja aku buat untuk diriku sendiri dan semoga bermanfaat untuk orang lain. 
Nah kalau kamu suka nulis blog, coba deh salurkan overthinking kamu di blog. Siapa tahu malah jadi satu postingan kan? 

4 Baca Buku
Coba baca buku yang agak berat, non fiksi misalnya. Buku-buku non fiksi rata-rata perlu konsentrasi lebih untuk membacanya. Dengan membaca buku non fiksi selama jam overthinking, selain kamu bisa menyalurkan overthinking kamu ke hal yang lebih positif, kamu juga dapat ilmu dari buku yang kamu baca. 
Ketika otak kamu sudah merasa lelah berpikir, akhirnya kamu akan merasa mengantuk juga. 

Begitulah teman-teman hasil overthinking aku malam ini. Semoga artikelnya bisa membantu kamu, dan MARKIBO. Mari kita bobo!! 

Selamat malam! 

Posting Komentar

0 Komentar