6 Cara Simple Menghilangkan Rasa Malas Kerja

cara menghilangkan rasa malas kerja

Entah udah berapa lama aku terserang penyakit malas kerja. Kalau gak salah sih, semenjak aku diberhentikan dari pekerjaanku menjadi content writer di perusahaan sebelumnya. Tapi waktu itu aku masih belum paham, apakah aku memang malas kerja, atau sebenarnya terkena demotivasi. Aku udah mencoba berbagai cara untuk menyembuhkan penyakit malas kerja ini, karena nyatanya gak punya duit lebih menyiksa. Mulai dari membeli gadget baru dengan tujuan agar lebih memotivasi diri, sampai ke berkeliaran dari cafe ke cafe demi mencari suasana baru. Tapi hasilnya? duit malah makin habis, makin sedih, makin malas lagi. 

Akhirnya aku menemukan beberapa cara simple menghilangkan rasa malas kerja yang menurutku mudah dilakukan tapi sering diabaikan. Dan cara ini bisa juga dilakukan sama kalian yang punya masalah yang sama dengan aku.

1. Hindari begadang dan tidur cukup

Kalau kalian sampai sekarang masih suka begadang, mending berhenti deh. Tanpa disadari, begadang tuh bukan hanya gak baik buat kesehatan, tapi buat mental juga. Coba aja bayangin, kalau kalian begadang tidur kalian gak cukup, paginya jadi ngantuk dan malas bangun. Kalau udah gitu, jadi malas buat kerja. Hal ini sering banget aku rasain karena aku tipe "kalong" yang memang hanya bisa produktif di malam hari. Tapi dampaknya, badan dan pikiran jadi cepet lelah dan jadi malas kerja. Jadi sekarang, lebih baik mulai kebiasaan tidur dari jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi setiap hari.

2. Mandi pagi

Kalau biasanya rutinitas pagi kalian hanya cukup dengan cuci muka aja, mulai sekarang coba deh mandi pagi dengan air hangat. Dengan mandi pagi, ditambah pakai air hangat, tubuh dan otot kalian akan melemas dan kalian akan merasa lebih rileks. Apalagi kalau keramas juga, badan dan kepala jadi lebih segar dan kalian akan lebih semangat memulai hari.

3. Sarapan bergizi

Sering denger kan kalau kita gak boleh melewatkan sarapan? Itu bener banget! Dengan kita sarapan, otak kita akan ternutrisi, tubuh kita akan memiliki tenaga. Dengan begitu, kita jadi lebih bersemangat buat kerja.

4. Olahraga ringan

Masih ada waktu nih sebelum kerja, coba deh olahraga ringan. Bisa dengan berjalan, stretching, lari kecil, atau apa aja boleh. Hal ini dilakukan biar otot-otot kita tuh gak tegang saat mulai kerja nanti dan pikiran juga bisa lebih tenang.

5. Siapkan to do list

To do list ini sebenarnya opsional sih. Dipakai hanya jika kalian merasa bingung harus mulai kerja dari mana. Aku sendiri pun sering melakukan ini kalau memang udah ngerasa males banget buat kerja karena bingung harus mulai dari mana. Tapi dengan to do list, kita jadi ada panduan untuk memulai kerja.

6. Kerjakan top urgent

Nyambung dari poin 5. Dari to do list yang udah kita bikin tadi, kita bisa nentuin prioritas kerjaan juga. Dengan begitu, kerjaan bisa segera diselesaikan, dan kita bisa fokus dengan kerjaan kita.

Dengan menerapkan cara-cara simple di atas, kita lebih bisa terhindar dari males kerja. Kita bisa menciptakan motivasi kerja buat diri sendiri, dan kerjaan juga bisa lebih cepet selesai. Jadi, udah gak akan ada drama males kerja lagi deh. Nah, gimana? Udah siap buat ngepraktekkin cara-cara ini? Aku sih udah, dan works. Mudah-mudahan kamu juga ya. 


Posting Komentar

0 Komentar