Punya Kucing Harus Punya Peralatan Apa Aja Sih?

 

5 peralatan wajib saat punya kucing

Punya kucing harus punya peralatan apa aja sih? Awalnya sih pasti bingung ya karena sebelumnya belum pernah punya kucing sama sekali. Kamu gak usah bingung, sebenarnya ada 5 peralatan yang wajib banget kamu miliki kalau kamu memelihara kucing di rumah. 

Jadi, pelihara kucing itu gak hanya ngasih makan dan tempat tidur doang. Tapi kamu juga harus memperhatikan kebersihan kucing dan rumah. Karena kan kita juga gak mau kalau kucing ngompol atau buang air besar sembarangan yang nantinya bikin rumah jadi bau kotoran kucing.

Berikut ini, ada 5 peralatan kucing yang wajib banget kamu miliki di rumah.

1. Tempat Makanan dan Minunam

Hal utama yang perlu kamu beli adalah tempat makanan dan minuman si kucing. Tempat makanan harus khusus agar membiasakan si kucing bahwa kalau dia mau makan, dia tinggal menuju ke tempat makanannya itu.

Hal ini juga menguntungkan bagi pemilik kucing, agar si kucing tidak sembarangan mendekati makanan pemiliknya yang ada di meja makan. Tentu dong, hal ini juga dihindari karena kita gak mau sampai makanan kita terjilat atau terkena air liur kucing.

2. Litter Box atau Tempat Pasir

Litter Box ini penting banget apalagi kalau kamu memelihara kucing yang dibebas berkeliaran di rumah. Litter box ini gunanya untuk menjadi tempat kucing buang air kecil dan buang air besar. 

Dengan adanya litter box ini, kucing tidak akan sembarangan pipis dan pup di rumah. Saat mau pipis dan pup, kucing akan mencari litter box ini. Jadi usahakan tempatkan litter box di satu tempat saja, jangan dipindah-pindah.

3. Pasir Litter Box

Kucing terbiasa membuang kotoran dengan menggali pasir lalu menutupnya kembali. Maka dari itu, perlu untuk membeli pasir yang nantinya ditempatkan di litter box.

Seperti kucing pada umumnya, kucing akan menggali pasir yang ada di litter box lalu buang kotoran di situ. Jadi ketinggian pasir juga harus diperhatikan agar kotoran dapat tertutupi.

Kamu juga bisa memilih pasir kucing yang wangi agar tidak menimbulkan bau tidak sedap yang bahkan baunya ini bisa memenuhi seluruh ruangan rumah.

Aku rekomendasikan pasir kucing berjenis tofu atau tofu litter. Pasir jenis tofu ini bisa menyerap air lebih cepat, dan juga lebih cepat menggumpalkan kotoran kucing. Tofu litter juga memiliki varian wangi sehingga bisa memudarkan bau dari kotoran kucing.

4. Pet Cargo dan Kandang Kucing

Pet cargo berfungsi untuk membawa kucing jika kamu ingin membawa kucing keluar rumah untuk jalan-jalan. Fungsinya, agar kucing tidak tiba-tiba kabur saat dibawa keluar rumah. 

Sedangkan kandang kucing berfungsi untuk mengurung kucing. Namun, hal ini tidak disarankan oleh dokter hewan karena kucing yang sering berada di dalam kandang akan lebih mudah stress akibat ruang gerak yang terbatas.

Jadi, jika kamu memiliki tempat khusus di rumah, kamu bisa membeli salah satunya. Tapi jika tidak, aku rekomendasikan untuk membeli kandang kucing yang cukup besar. Kamu pasti memerlukannya saat kamu mungkin tidak ada di rumah, sedang tidur, sedang makan bersama keluarga, atau sedang ada tamu yang risih terhadap hewan seperti kucing.

5. Peralatan Kebersihan

Peralatan kebersihan juga wajib kamu miliki agar tempat tinggal kucing tetap terjaga kebersihannya dengan baik. Kamu bisa menyiapkan sapu dan pengki kecil juga jangan lupa untuk menyiapkan sekop serokan kotoran kucing.

Sekop serokan berfungsi untuk mengambil kotoran kucing dari dalam pasir, sedangkan sapu dan pengki berfungsi untuk menyapu sekitar tempat tinggal kucing karena pastinya pasir kucing berserakan karena terbawa kaki kucing setelah mereka buang kotoran.

Jadi itulah 5 peralatan wajib yang harus dimiliki saat kita punya kucing. Aku pun pertama kali memutuskan untuk adopt kucing kampung membeli 5 peralatna ini. Saranku sih, pilihlah barang-barang yang berkualitas dengan harga sesuai budget kalian, karena barang-barang tersebut pastilah berguna hingga kucing dewasa.

Kamu juga bisa baca ceritaku yang lain


Posting Komentar

0 Komentar