Review Novel Horror Manunggal Akar Mula Karya Simpleman DKK


Halo Teman Buku semuanya...

Sudah lama sejak aku membuat review novel terakhir dari Simpleman yang berjudul Janur Ireng. Memang agak lambat sebenarnya Mas Simpleman mengeluarkan buku. Bukunya sudah sangat ditunggu, tapi Mas Simpleman masih belum ada hilal untuk melanjutkan buku lanjutannya. Kali ini ada review dari novel horror berjudul Manunggal Akar Mula karya Simpleman DKK. Pasti sudah pada penasaran kan bagaimana sih isi dari novel ini? Mari kita langsung saja ke reviewnya.

Review Novel Horror Manunggal Akar Mula

Karena novel yang satu ini merupakan novel kumpulan cerpen, jadi agak sulit untuk mendeskripsikan sinopsisnya. Yang jelas di blurbnya ditulis bahwa kita sebagai pembaca harus mencari makna dari "akar mula" itu sendiri. Dan jawabannya nanti akan aku tuliskan di akhir postingan ini.

7 Cerpen Horror dengan 7 Penulis Berbeda

Di dalam novel Manunggal Akar Mula ini, ada 7 cerpen yang ditulis oleh 7 orang berbeda.

1. Griya Susun Pramboedoed karya Simpleman: Cerpen ini bercerita tentang rumah susun yang angker, dimana pemiliki rumah susun ini mendatangkan seorang paranormal untuk mengusir hantu jahat. Tapi setelah aku baca, ternyata ada plot twist yang gak disangka. Vibes horrornya juga sangat terasa dan tentu saja bikin merinding.

2. Tikar Mayit karya Teguh Faluvie: Cerpen satu ini bercerita tentang hantu Leled Samak yang mitosnya sudah ada sejak kita kecil. Karena itulah aku jadi merasa bernostalgia, di mana ketika dulu aku masih senang bermain di samping sungai, orang tuaku selalu melarang karena bahaya ada hantu leled samak ini. Tapi berkat cerpen ini, aku jadi tahu tentang keseluruhan cerita dibalik mitos hantu leled samak ini. Meski memang setiap daerah punya cerita yang berbeda.

3. Perkemahan Malam Jum'at Kliwon karya Nuugro Agung: Cerpen yang satu ini bercerita tentang perkemahan yang diadakan oleh siswa siswi sekolah, dan latar waktunya adalah jurit malam. Dimana memang ketika acara jurit malam, seluruh siswa dan siswi akan ditakut-takuti oleh seniornya. Tapi karena jurit malam ini dilaksanakan pada malam jum'at, banyak tragedi mistis yang terjadi.

4. Penunggu Atap Rumah Tua karya Diosetta: Cerpen yang satu ini bercerita tentang hantu yang ada di atap rumah tua. Meski pada awalnyamembuat merinding, tapi cerita ini punya akhir yang mengharukan.

5. Pesugihan Pengantin Gagar Mayang karya Kalong: Cerpen yang satu ini menceritakan tentang pesugihan yang melibatkan sepasang pengantin. Pesugihan ini dilakukan oleh pelaku usaha dan punya cerita akhir yang bisa bikin kamu tercengang.

6. Kelahiran Bayi Di Desa Terkutuk karya Kucing Hitam: Cerpen ini berkisah tentang sebuah desa di mana setiap bayi yang lahir di desa tersebut akan mengalami cacat lahir dengan gejala yang sama persis. Maka dari itu, desa ini disebut terkutuk. Para tokoh utamanya, berusaha untuk mencari tahu dan malah berujung dengan mencampuri kutukan desa tersebut. 

7. Omah Petang Puluh Telu karya Simpleman: Cerpen yang satu ini tentang sebuah rumah berhantu yang dipercayai jika ada orang yang bertahan untuk tinggal di rumah tersebut selama lebih dari 2 tahun. Maka dia akan mendapatkan kebaikan setelahnya.

Poin Kesimpulan Review

  1. Novel Manunggal Akar Mula berisi 7 cerpen yang ditulis oleh 6 penulis terkenal
  2. Aku mendapat pengalaman yang berbeda di setiap cerpen yang ditulis oleh penulis yang berbeda
  3. Semua penulis yang ada di buku ini, merupakan penulis yang aktif menulis thread horror di Twitter.
  4. Cerpen favorit dari 7 cerpen yang ada di buku ini: Omah Petang Puluh Telu, Tikar Mayit, dan Pesugihan Pengantin Gagar Mayang.

Menjawab Pertanyaan Dari Kebingungan Akibat Blurb

Sekarang aku akan menjawab pertanyaan dari aku dan dijawab oleh aku juga yang harapannya bisa mewakili pertanyaan teman-teman semua. 

  1. Jika kamu lihat di blurb, ditulis bahwa ada 5 kisah misteri, padahal sebenarnya ada 7 kisah atau 7 cerpen di dalamnya. 
  2. Di blurb ditulis "tanah diselimuti malapetaka, menghindari tumbal nyawa", sebenarnya mengacu ke cerpen yang mana? Jawabannya menurutku ada di cerpen yang ke-2 dan ke-6.
  3. Di blurb pembaca diminta untuk mencari makna dari "akar mula", dan ini jawabanku. Setelah membaca, ternyata makna dari akar mula menurut versiku adalah untuk menghadapi atau menyelesaikan malapetaka, kita harus tahu dulu asal mula dari petaka tersebut. Contohnya di cerpen Tikar Mayit.

Jadi itulah review buku kumpulan cerpen atau novel horror Manunggal Akar Mula karya Simpleman dan kawan-kawannya. Kalau kamu masih ada yang ingin didiskusikan, bisa tulis di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca, jika kamu perlu sesuatu seperti tawaran kerjasama, jasa content writer murah, bisa menghubungi email di nurhayati.irma20@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar

0 Komentar