Review Novel Grafis Sejarah Ratu Kalinyamat | Rotasi Books

Review Novel Grafis Sejarah Ratu Kalinyamat

Halo Teman Buku semuanya...

Ratu Kalinyamat merupakan novel grafis ketiga yang aku review di blogku ini, setelah review novel grafis Munnu, dan Tibet. Ketiga novel grafis ini pun diterbitkan oleh Rotasi Books. Jika Munnu merupakan novel grafis tentang memoar seorang kartunis, dan Tibet merupakan novel grafis tentang sejarah Tibet setelah peperangan. Ratu Kalinyamat merupakan novel grafis tentang Sejarah Ratu yang berhasil memerintah dan dicintai rakyatnya pada masanya.

Mari kita langsung saja ke review novel grafis sejarah Ratu Kalinyamat dari Rotasi Books.

Sinopsis Novel Grafis Ratu Kalinyamat

Sejarah tentang seorang Ratu yang tegas. Anak dari Sultan Demak. Ratu Kalinyamat menguasai daerah pantai utara Jawa Timur. 

Dia adalah Ratu yang ditakuti bangsa Portugis, meski pada akhirnya kekalahan lah yang menjadi hasil dari peperangan melawan bangsa Portugis.

Meski begitu, kerajaan Kalinyamat pernah berada pada masa kejayaannya yang tentunya pemerintah masih dipegang oleh Ratu Kalinyamat sendiri.

Namun, akibat kehilangan yang bertubi-tubi. Sang Ratu jatuh sakit. 

Ayahnya Sultan Demak meninggal karena kudeta Arya Panangsang, suaminya pun meninggal karena ditusuk dari belakang oleh Arya Panangsang.

Ratu Kalinyamat juga kehilangan banyak pasukan saat melawan penjajah Portugis di peperangan pertama. Di peperangan kedua pun panglima perangnya gugur di medan perang. 

Ratu Kalinyamat jatuh sakit akibat kesedihan yang teramat dalam.

Kerajaan Kalinyamat pada akhirnya jatuh karena peperangan melawan Mataram sepeninggal Ratu Kalinyamat. 

Sang Ratu akan selalu dikenal sebagai pemimpin yang bijak juga tegas.

Review Novel Grafis Ratu Kalinyamat

Buku novel grafis Ratu Kalinyamat agak jauh dari kata novel grafis. Novel grafis biasanya hanya kumpulan panel, namun ini selayaknya buku dongeng anak-anak yang menyematkan banyak narasi. Untungnya penerbit memberikan kata sapaan yang mengatakan bahwa kartunis lah yang bersikukuh mengatakan bahwa ini novel grafis meski banyak panel yang kosong. (Baiklah, aku mengerti.)


Kekurangan dari novel grafis Ratu Kalinyamat ini adalah kurangnya detail seperti tanggal lahir Ratu, tahun dan umur Ratu saat menjabat. Juga tahun dan umur Ratu saat menikah. Mungkin hal ini dikarenakan kurangnya literatur yang memuat informasi tersebut, aku pun kurang paham.

Tapi, buku ini cocok dibaca untuk kamu yang...

  1. Suka cerita sejarah
  2. Suka novel dengan 'female lead' yang kuat
  3. Suka baca komik
Atau kamu yang mungkin ingin memiliki pengalaman baru dalam membaca kisah sejarah, komik atau novel grafis ini bisa dijadikan pilihan.

Tonton Review Via YouTube



Terima kasih sudah membaca, jika kamu perlu sesuatu seperti tawaran kerjasama, jasa content writer, bisa menghubungi email di nurhayati.irma20@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar

0 Komentar