10 Tips Penting Sebelum Memilih Tempat Grooming Kucing | Cat Stories

 

10 Tips Penting Sebelum Memilih Tempat Grooming Kucing

Memelihara kucing gak hanya soal kebutuhan makanannya aja, tapi juga harus diperhatikan soal kebersihan si kucing. Kamu harus rajin memandikan kucing, agar bulu dan kulit kucing bersih dan bebas dari kutu juga jamur. Bahasa lain dari memandikan kucing yang terkenal di kalangan pecinta hewan adalah Grooming. 

Apa itu Grooming?

Grooming adalah aktivitas membersihkan kucing dengan memandikannya menggunakan shampoo khusus kucing. Manfaat grooming sendiri, selain untuk membersihkan tubuh kucing, kucing juga bisa terhindar dari kutu dan jamur yang menyiksa kucing kamu. Selain itu, dengan merawat kebersihan kucing, kamu juga akan terhindar dari penyakit zoologis, yaitu penyakit hewan yang bisa menular ke manusia. Tentunya kamu gak mau dong, tertular penyakit dari hewan? Makanya penting banget buat menjaga kebersihan hewan peliharaan kamu dengan grooming.

Jenis-Jenis Grooming

jenis-jenis grooming kucing

Ada beberapa jenis grooming yang sering ditawarkan di pet shop, di antaranya ada grooming biasa, grooming kering, grooming jamur, dan grooming kutu atau kombinasi keduanya. Aku akan jelaskan jenis-jenis grooming di bawah ini.

  1. Grooming biasa : mandi kucing dengan shampoo kucing, potong kuku dan membersihkan telinga.
  2. Grooming kering : membersihkan kucing dengan tisu basah khusus kucing
  3. Grooming jamur : mandi kucing  dengan shampoo kucing khusus jamur, potong kuku, membersihkan telinga dan memberikan obat jamur.
  4. Grooming kutu : mandi kucing dengan shampoo kucing khusus kutu, potong kuku, membersihkan telinga dan memberikan obat kutu.
  5. Grooming jamur dan kutu : mandi kucing dengan shampoo kucing khusus jamur dan kutu, potong kuku, membersihkan telinga dan memberikan obat jamur dan kutu.

Harga Grooming

Salah satu hal yang sering ditanyakan adalah soal harga sekali memandikan kucing atau harga jasa grooming kucing. 

Sebenarnya, setiap pet shop dengan jasa grooming, punya list harga sendiri-sendiri. Jadi bisa saja di pet shop satu dengan yang lain, punya harga jasa grooming yang berbeda-beda. Namun, biasanya range harga grooming mulai dari Rp. 40.000,- untuk jasa grooming paling simple, yaitu grooming kering/grooming biasa.

Cukup menguras dompet memang untuk kaum mendang mending. Maka dari itu, jika berani memandikan kucing akan lebih bagus karena kita hanya perlu membeli shampoo dan menyiapkan peralatan lainnya. Untuk peralatan grooming rumahan, nanti aku akan bahas di lain waktu.

10 Tips Penting Sebelum Memilih Tempat Grooming Kucing 

tips sebelum memilih tempat grooming kucing

Selanjutnya, aku akan bahas tips penting sebelum memilih tempat grooming kucing. Kenapa bisa penting? Karena tentu saja, kita gak mau menyia-nyiakan uang yang gak sedikit, dan gak mau kucing kita setelah di grooming malah sakit. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan tips penting sebelum memilih grooming kucing, di bawah ini.

1. Cari Salon Grooming Terpercaya

Penting untuk mencari salon grooming terpercaya yang bisa benar-benar menjaga dan merawat kucing kamu. Kamu bisa mencari salon grooming hewan di pencarian online, media sosial atau rekomendasi dari teman yang punya kucing juga.

2. Cek Ulasan dan Reputasi Salon Grooming

Kamu bisa mengecek ulasan dan reputasi salon grooming di Google juga sosial media. Kamu bisa cek dan lihat ulasan dari para pengunjung yang sudah pernah mengunjungi dan menggunakan layanan grooming dari mereka.

3. Mengunjungi Lokasi Grooming

Aku bisa saranin untuk langsung mengunjungi lokasi grooming dan tanya-tanya langsung di sana. Kamu juga bisa lihat fasilitasnya secara langsung dan mengobrol dengan stafnya. Bisa mengobrol tentang tahapan grooming, penjelasan layanan, dan juga sekalian tanya-tanya soal harga.

4. Tanyakan Layanan Grooming yang Tersedia

Seperti yang aku bilang di atas, kamu bisa tanyakan layanan grooming yang mereka tawarkan. Misalnya, apakah layanan grooming yang tersedia sudah mencakup potong kuku, bersihkan telinga, cukur bulu, atau hal lainnya. Pastiin bahwa layanan mereka, sudah pas dengan kebutuhan kucing kamu.

5. Diskusikan Kebutuhan Kucing Kamu

Akan lebih baik kalau sebelum memutuskan untuk memakai jasa grooming, kamu diskusikan dulu keadaan dan kebutuhan kucing kamu. Misalnya, kucing kamu sering menggaruk badan, menggaruk telinga, atau mungkin kucing kamu punya sensitifitas tertentu. Kamu harus komunikasikan kepada staff salon agar kucing kamu mendapatkan perawatan yang tepat.

6. Tanyakan Soal Prosedur Keamanan

Kita tentunya gak mau dong kalau kucing kita setelah grooming malah jadi sakit? Maka dari itu, penting banget buat nanyain soal prosedur keamanan. Misalnya, soal penggunaan alat-alat yang steril dan aman, dan gimana cara mereka memandikan dan memperlakukan kucing.

7. Cek Kelayakan Staf

Kucing cenderung cemas dan berubah sensitif saat dimandikan. Staf salon yang baik dengan pengalaman dan pelatihan yang baik dalam merawat kucing, cenderung dapat mengelola situasi dengan baik. Keuntungannya, kucing akan merasa nyaman saat dimandikan.

8. Jadwalkan Grooming dengan Bijak

Kamu harus pilih waktu yang tepat untuk melakukan Grooming pada kucing kamu. Pastikan kucing gak lagi sakit, gak stress dan cukup beristirahat sebelum grooming.

9. Pantau Reaksi Kucing Setelah Grooming

Setelah grooming, penting untuk melihat reaksi kucing. Jika kucing punya reaksi gak biasa, kembali komunikasikan dengan staf salon. Jika kondisi berlanjut, bisa langsung konsultasikan ke dokter hewan.

10. Berikan Reward Setelah Grooming

Grooming selalu jadi peristiwa yang mengundang kecemasan bagi si kucing. Maka dari itu, untuk menciptakan suasana positif dengan pengalaman grooming, berikan kucing reward setelahnya. Bisa dengan memberikan camilan kesukaan, atau perlakuan istimewa.

Jadi itulah 10 tips penting sebelum memilih tempat grooming kucing. Perlu diingat bahwa kucing punya karakter dan toleransi berbeda terhadap grooming, jadi penting untuk memilih salon grooming kucing yang dapat memenuhi kebutuhan kucing kamu dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar