10 Manfaat Membaca Buku Ini Akan Bikin Kamu Jadi Rajin Baca!

 

10 Manfaat Membaca Buku Ini Akan Bikin Kamu Jadi Rajin Baca!

Masih banyak orang yang merasa belum terbiasa membaca buku, meski kemarin aku sudah jelaskan tentang bagaimana buku membuka jendela dunia, dan bagaimana caranya memilih buku untuk pemula.

Tapi sepertinya, kamu masih perlu diyakinkan lagi, deh!

Aku akan kasih kamu 10 manfaat membaca buku yang bisa bikin kamu langsung tergerak untuk mulai memilih buku bacaan kamu.

1. Memperluas Pengetahuan dan Informasi

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa membaca buku bisa memperluas pengetahuan dan informasi. Baik itu dengan kita membaca buku akademis maupun non akademis seperti novel.

Semakin banyak buku yang kita baca, pengetahuan yang kita serap pun akan semakin banyak. Karena, akan selalu ada pengetahuan dan informasi baru yang akan kamu dapatkan ketika membaca buku.

Contohnya saja, novel legendaris karya Pramoedya, Bumi Manusia. Membaca novel ini, kita bisa mengetahui bagaimana situasi dan kondisi saat negara kita masih diduduki bangsa kolonial Belanda.

2. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Membaca buku sangat cocok untuk kamu yang mungkin saat ini mengalami masalah konsentrasi. Seperti halnya tubuh kita yang butuh olahraga setiap harinya, otak kita juga butuh bacaan sebagai latihan.

"Ah, tapi kan, kerja juga pake otak, udah capek duluan"

Benar, tapi ada yang kamu lupakan. Kalau kerja, otak kita dipacu tanpa jeda, artinya otak kita gak santai. Beda dengan membaca.

Dengan banyak membaca, kita bisa sekaligus melatih otak agar tetap fokus.

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Hal ini udah banyak dibahas, lho, bahwa dengan membaca bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer bahkan lebih rendah 2,5 kali lipat. Pasalnya, dengan membaca, kita bisa menjaga kinerja otak kita.

Kamu juga bisa menuangkan ulasan bacaan kamu di jurnal atau sosial media dan blog, seperti yang aku lakukan sekarang. Hitung-hitung latihan bagian memori otak.

4. Memperkaya Kosakata dan Keterampilan Bahasa

Di dalam buku akan selalu ada kosakata baru yang kita temui juga ragam bahasa dengan persona yang berbeda-beda. 

Secara tidak langsung, otak kita yang pintar membayangkan setiap adegan dalam novel ini akan menyerap sebagian bahkan seluruh kosakata yang sudah kita baca.

Hasilnya, kosakata kita makin banyak dan kemampuan berkomunikasi kita akan meningkat sekitar 5 hingga 15%.

5. Mengembangkan Empati

Keliru sudah kalau masih ada yang bilang bahwa membaca novel itu tidak membawa manfaat apapun, nyatanya akan sangat bermanfaat apalagi bagi orang yang minim empati.

Membaca novel dapat mengembangkan empati si pembaca dengan membayangkan dunia yang dimiliki para tokohnya. Secara gak langsung kita juga bisa menerjemahkan bagaimana perasaan setiap tokoh yang ada di dalam novel.

Dengan begitu, empati kita akan terasah dan berkembang dengan baik.

6. Mengurangi Stres

Kalau kegiatan sehari-hari udah bikin kamu stres, coba deh mulai baca buku. Dengan membaca buku yang kamu suka, kamu akan tenggelam dalam dunia yang dibuat buku itu sendiri.

Membaca buku akan menurunkan tingkat stres hingga 60% dengan cara memperlambat detak jantung hingga meredakan ketegangan otot. Makanya gak heran banyak yang baca buku sampai ketiduran. 

7. Mengasah Kreativitas

Buku itu kan punya banyak genre ya, setiap genre juga punya cerita yang berbeda-beda. Dengan kita banyak membaca buku fiksi, imajinasi kita juga akan terasah. Imajinasi yang terasah ini yang akan mengasah kreativitas kita. 

Kita jadi lebih mudah mengeksplorasi ide-ide baru dan mengembangkan kreativitas yang sudah kita pikirkan.

8. Memahami Budaya

Dalam novel fiksi seringkali ada budaya asli yang disebutkan di dalam cerita. Dengan begitu, kita bisa mengenal dan memahami budaya juga tradisi di daerah yang disebutkan dalam novel.

Tidak jarang, sedikit banyaknya juga kita akan memahami sejarah masyarakat dari novel.

9. Hiburan Tanpa Batas

Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, buku itu memiliki ragam genre. Mulai dari fiksi hingga non fiksi. Mulai dari romantis, horror, thriller, misteri, hingga ke pengembangan diri. Semua bisa kamu jelajahi hanya dengan membaca buku.

10. Menjadi Teman Setia

Seperti yang dikatakan Bung Hatta, "Aku rela dipenjara asalkan bersama buku". Hal ini karena buku tidak akan pernah mengkhianati kita.

Buku bisa kita jadikan teman setia di kala sedih maupun susah. Karena buku akan selalu bisa menghibur kita dengan kisah-kisahnya.

Setelah mengetahui 10 manfaat membaca buku ini, sudah tidak ada alasan lagi dong untuk mulai membaca buku. Semua manfaat yang disebutkan di atas bisa kamu rasakan hanya dengan membaca buku.

Jadi ayo, mulai baca buku sekarang juga!

Posting Komentar

0 Komentar