Memilih Buku untuk Pemula: 5 Tips Jitu Biar Nggak Salah Pilih!

Memilih Buku untuk Pemula: 5 Tips Jitu Biar Nggak Salah Pilih!

Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan pengetahuan, memperluas wawasan, melatih kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan kemampuan komunikasi.

Namun, bagi pemula, memilih buku yang tepat saja sudah bisa jadi hal yang bikin bingung. Sampai-sampai harus berputar-putar di toko buku dalam waktu yang lama, kan?

Tapi, jangan khawatir, karena aku punya tips jitu biar nggak salah pilih buku untuk pemula. Tips ini sudah banyak diterapkan dan banyak disarankan juga oleh para pembaca senior.

Berikut ini 5 tips jitu memilih buku untuk pemula biar nggak salah pilih.

1. Kenali Diri Sendiri

Sebelum memilih buku, ada baiknya kamu kenali diri sendiri dulu. Misalnya nih, apa yang kamu suka? Tertarik dengan genre apa? Lebih suka novel atau non-fiksi?

Kalau kamu bisa jawab itu semua, akan lebih mudah buat kamu mencari buku yang kamu suka.

Contoh: Aku suka dengan hal-hal berbau sejarah, keuangan dan horor. Berarti genre yang aku suka seputar genre horor, fiksi sejarah, atau buku sejarah dan keuangan dalam bentuk non fiksi. 

Sebelum memilih buku, penting untuk mengenali diri sendiri. Apa sih yang kamu suka? Genre apa yang menarik bagimu? Apakah kamu lebih suka cerita fiksi atau non-fiksi? Dengan mengetahui minatmu, kamu bisa memilih buku yang sesuai dengan selera dan gak bikin kamu cepat bosan.

2. Cari Rekomendasi

Cara kedua adalah cari rekomendasi. Rekomendasi ini bisa dengan bertanya ke teman yang suka membaca atau kamu bisa mengikuti influencer buku di sosial media. Kamu juga bisa mencari rekomendasi di internet, seperti blog, atau website.

Dengan bertanya dan mengikuti influencer buku, kamu akan bisa tahu rekomendasi buku apa yang mereka baca berikut dengan ulasannya.

Kalau ada buku yang sekiranya menarik minat kamu untuk baca dan pas dengan genre kesukaan kamu, kamu bisa membelinya.

3. Baca Blurb dan Review

Agar lebih memastikan kalau kamu tidak salah pilih buku, kamu bisa membaca blurb atau sinopsis yang ada di belakang buku.

Kamu juga bisa mencari dan membaca review buku tersebut di internet untuk lebih meyakinkan diri bahwa buku itu tepat buat kamu.

4. Perhatikan Ketebalan Buku

Bagi pemula, memilih buku yang terlalu tebal bisa jadi hal yang kurang menyenangkan. Hal ini bisa bikin kamu mudah bosan. Cobalah memilih buku dengan ketebalan yang tidak terlalu tebal atau yang sekiranya sesuai dengan kemampuan membaca kamu dengan mempertimbangkan waktu luang kamu juga.

5. Pinjam Buku di Perpustakaan

Kalau kamu masih ragu untuk membeli buku, kamu bisa pinjam buku ke perpustakaan. Hal ini bisa jadi cara yang hemat dan efektif untuk mencoba berbagai genre dan menemukan buku yang benar-benar kamu sukai.

Kamu bisa datangi perpustakaan daerah di kota kamu, atau kamu juga bisa menyewa buku di perpustakaan online.

Tips Tambahan

  • Mulai dari buku yang mudah dibaca. Pilihlah buku dengan bahasa yang sederhana dan alur cerita yang tidak rumit.
  • Jangan terpaku pada satu genre. Cobalah berbagai genre untuk menemukan genre favoritmu.
  • Ikut komunitas membaca. Bergabung dengan komunitas membaca dapat membantumu mendapatkan rekomendasi buku dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Nah, jadi tunggu apa lagi? Ayo cari buku yang tepat buat kamu, dan jatuh cinta lah dengan buku.

Posting Komentar

0 Komentar