Rekomendasi Buku Parenting Murah Cuma 20 Ribuan

Rekomendasi Buku Parenting Murah Cuma 20 Ribuan

Aku sebagai seorang ibu muda tentunya mengasuh anak merupakan hal yang rumit, kadang kala aku merasa tidak puas dalam hal pola pengasuhan yang aku terapkan dan karena sering sekali terbentur dengan waktu kerja dan tidak adanya pengasuh di rumah, anakku sering kali aku abaikan. 

Mendengar dari tetangga, sekolah dini dengan standar pendidikan montessori sangat bagus untuk perkembangan kemandirian anak. Tapi, mendengar harganya yang cukup mahal aku menciut lalu terpikir untuk mencari referensi saja di buku-buku parenting. 

Buku-buku ini aku dapatkan dibawah harga 50 ribu. Cukup murah untuk buku parenting karena buku parenting yang best seller biasanya harganya diatas 100 ribu. Namun, buku-buku ini walaupun harganya murah tapi isinya mengena sekali dan mudah di praktikkan kok! 

Berikut rekomendasi buku parenting murah ala Teman Buku

#1 Temukan Bakat Anak Anda

#1 Temukan Bakat Anak Anda

Buku berjudul Temukan Bakat Anak Anda ini diterbitkan oleh pandamedia merupakan penerbit imprint dari Gagasmedia. Aku beli ini sekitar 15 ribu dan mendapat buku yang masih segel, namun bukunya sudah sedikit menguning karena mungkin stock lama.

Buku ini memperkenalkan apa itu analisis sidik jari dan manfaatnya. Dengan analisis sidik jari ini, aku dapat mengetahui minat dan bakat anakku seperti apa hanya dengan melihat guratan-guratan yang ada di sidik jarinya. Cuman tetap ya, buku ini tidak menyediakan teori itu hanya pengenalannya saja, kalau ingin melaksanakan tes sidik jari harus ke dokter anak yang memang punya fasilitas tersebut dan aku udah terbayang pasti harganya mahal.

Tapi selain itu ada juga tips untuk mengenal bakat si kecil sejak diri dari perilaku yang ditunjukkan. Setelah baca tips ini aku langsung merhatiin si kecil lho! hihi..

Selain itu juga ada contoh kasus dari para ibu yang sudah menggunakan tes sidik jari pada anaknya. Sebenarnya dari contoh kasus ini aku lebih bisa memahami tes sidik jari ini akan mengarah kemana daripada pembahasan di bab sebelumnya.

#2 Anakku Sehat Tanpa Dokter

#2 Anakku Sehat Tanpa Dokter

Buku yang ditulis oleh Sugi Hartati, S.Psi. dan diterbitkan oleh penerbit stiletto ini tidak mahal, aku beli cuma 5 ribu rupiah dan memang dapat bukunya yang udah menguning banget tapi dia original dan masih segel pas dateng sih.

Nah, siapa di sini yang suka panik kalau anaknya sakit? jawabannya aku sendiri. Haha. 
Aku beli buku ini atas dasar kepanikan itu, karena seringnya setelah dibawa ke dokter, dokter bilang "anaknya tidak apa-apa bu, coba di kasih ASI saja yang banyak". Pernah mengalami hal kayak gini juga moms?

Setelah baca buku ini aku jadi tersadar kalau anak sakit jangan serta merta langsung dibawa ke dokter karena dokter akan terpaksa memberikan antibiotik agar si anak "cepat sembuh" yang kadang-kadang malah membuat anak kembali sakit bukan sembuh sepenuhnya. Di buku ini dijelaskan kenapa bisa seperti itu dengan berbagai teori yang di paparkan.

Di buku ini juga terdapat tips merawat si kecil yang sedang sakit dan mengetahui tanda-tanda gejala sakit agar si kecil bisa ditangani lebih dini. Misalnya, ingusan tanda flu ringan, disarankan untuk memberi makanan yang sehat kepada si kecil dan si kecil harus beristirahat yang cukup, flu tersebut akan sembuh dengan sendirinya.

#3 Play and Learn

#3 Play and Learn

Buku berjudul Play and Learn ini ditulis oleh Dr. Meta Hanindita, Sp. A. yang merupakan dokter anak dan diterbitkan oleh penerbit stiletto. Aku beli ini pas lagi diskon dan harganya hanya 15 ribu saja.

Seperti judulnya buku ini memberikan pengarahan kepada para ibu untuk memberi pengajaran kepada si buah hati dengan cara "bermain sambil belajar". Misalnya, ketika sedang diajari makan, bisa saja jadi bermain role play main masak-masakan kemudian makan bareng-bareng.

Yang aku suka dari buku ini terdapat contoh permainan yang bisa aku buat sendiri untuk sarana bermain si kecil, dan itu contohnya lumayan banyak, detail juga, dan bahan-bahannya juga mudah di dapat. Jadi udah ga perlu lagi deh beli mainan mahal.

#4 Menumbuhkan Kemandirian Anak

#4 Menumbuhkan Kemandirian Anak

Buku ini aku dapat dari penerbit stiletto juga yang ditulis oleh Eugenia Rakhma seorang pengajar dan penulis buku anak. Harganya juga ga mahal cuma 15 ribu saja.
Buku ini lebih menjelaskan tentang pemahaman kemandirian anak dengan pengajaran montessori. Seperti yang aku jelaskan di awal ya moms, montessori memang bagus untuk menumbuhkan kemandirian anak. 

Terdapat juga tips untuk menghadapi sifat negatif anak seperti tantrum dan rewel tanpa membentak. Hal ini penting, karena jika anak sering dibentak akan muncul jiwa introvert dikemudian hari. 
Dilengkapi juga tips mengelola emosi, karena memang kan mengasuh anak itu perlu kesabaran yang sangat ekstra. 

Namun aku agak kurang suka cara pemaparannya yang boleh dibilang cukup rumit, karena ada beberapa penjelasan yang aku temukan di Bab A itu muncul lagi di Bab C. 

Kelebihan dari buku ini terdapat tabel tahap perkembangan anak, lengkap dari umur 2–6 tahun dan juga ada tabel tahap kemandirian anak dari 1–6 tahun.

Jadi kayak gitu rekomendasi buku parenting murah kali ini, kira-kira mana nih yang berminat untuk dibeli? Bisa tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Review versi video bisa ditonton melalui link dibawah ini:

 

Posting Komentar

0 Komentar