Review Buku Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar, Richard Carlson

 

Review Buku Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar, Richard Carlson

Judul : Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar
Penulis : Richard Carlson
Penerbit : Gramedia
Tebal Buku : 234 Hal.
Genre : Self Improvement

Banyak hal dalam hidup ini yang sebenarnya hanya masalah kecil, tapi kita memperlakukannya sebagai masalah besar. Sebenarnya, dengan membentuk perspektif baru bahwa masalah-masalah itu memang kecil, kita akan mempunyai lebih banyak waktu untuk memikirkan hal-hal yang benar-benar merupakan masalah besar.

Dengan gaya tulisan yang mudah dipahami, buku ini menyajikan cara-cara membentuk perspektif yang lebih positif tersebut sehingga kita akan belajar untuk berdamai dengan diri sendiri dan lebih peduli. Hidup kita akan lebih terfokus pada masa kini, hubungan kita dengan orang lain akan menjadi lebih baik, dan batin kita akan menjadi lebih tenang.

Kecenderungan membuat masalah kecil jadi masalah besar

Aku pernah dibilang seperti ini "kamu terlalu drama queen", "kamu tuh selalu membesar-besarkan masalah sepele". Sebenarnya aku ga paham apa maksudnya, karena buatku yang sejujurnya masih mengenal dunia nyata ini - walaupun udah mau masuk kepala 3 - masih selalu membutuhkan alasan dibalik setiap kritik yang ada. Dan sebalnya, orang yang menyampaikan kritik itu malah buang muka dan sudah itu saja, menyisakan pertanyaan besar di kepala. Dan aku tetap seperti itu hingga orang itu akan mengkritik kembali "kamu ini tidak pernah berubah". Aku cuma bisa menghela nafas panjang.

Mungkin bagi kamu yang juga mengalami hal ini, pada dasarnya pasti selalu ingin memperbaiki diri. Mencari jawaban akan apa yang salah? dan solusi untuk memperbaikinya.

Lantas Gramedia menerbitkan buku terjemahan karya Richard Carlson ini. Buku berisikan 100 tips menghadapi masalah agar tidak membesar-besarkannya ada di sini. Dengan piawai Richard memberikan contoh sekaligus solusi tentang masalah yang kerap terjadi di sekitar, dan kerap kali juga dibesar-besarkan.

Tips tidak membesar-besarkan masalah dari Richard Carlson

Karena ada 100 tips di buku ini, cukup panjang kalau aku jabarkan semua di sini. Jadi, aku akan menuliskan beberapa yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari aku, dan beberapa yang menarik untuk dipraktikkan.

  1. Berbuat baik kepada orang lain dan tidak menceritakannya
  2. Beri kesempatan kepada orang lain untuk mengklaim dirinya benar
  3. Hitung sampai sepuluh sebelum memutuskan untuk marah
  4. Jangan memusingkan hal-hal kecil
  5. Bergembiralah, dengan bergembira kamu tidak akan terpengaruh oleh masalah kecil
  6. Peliharalah tanaman, fokuskan dirimu dan perhatianmu kepada tanaman
  7. Berdamailah dengan ketidaksempurnaan
  8. Jangan memutus kalimat orang lain
  9. Jadilah pendengar yang baik
  10. Jangan lupa, "hidup bukanlah keadaaan darurat"
  11. Tahan keinginan untuk cepat-cepat melontarkan kritik
  12. Berhentilah menyalahkan orang lain

Sebenarnya ada masih banyak lagi, hanya saja yang paling mengena dengan masalah aku yang "drama queen" ini ya beberapa poin di atas ini.

Setelah membaca buku "Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar"

Aku menghabiskan buku ini dalam 3 hari. Terjemahannya pun mudah dibaca dan gaya tulisan Richard Carlson sendiri mudah dipahami. Terlebih lagi dia membagi setiap tips dengan penjelasan masalah yang sering ditemui sehari-hari. Jadi sedikit banyaknya ngena di kehidupan sehari-hari.

Setelah aku membaca buku ini dan mulai mempraktikan tips-tips yang ada di dalamnya. Saat ada masalah terjadi atau ada hal-hal yang membuat aku kesal. Sebelum memutuskan apa yang akan aku lakukan selanjutnya aku selalu berpikir "apa hal ini layak untuk membuang energiku seperti itu?, apa hal ini kedepannya akan menjadi penting?" jika dirasa tidak aku akan memutuskan diam saja.

"Don't sweat the small stuff, and it's all small stuff" - Richard Carlson

Jadi, jika kamu punya masalah yang sama dan tidak tahu harus mencari jawabannya, coba baca buku karya Richard Carlson ini.

Review ini bisa juga didengarkan melalui link dibawah ini

Posting Komentar

0 Komentar