Review Buku You Do You, Fellexandro Ruby

 

Review Buku You Do You, Fellexandro Ruby

Judul: You Do You
Penulis: Fellexandro Ruby
Penerbit: Gramedia

Cover You do You

Seperti biasa kita mulai dari covernya. Covernya berwarna monokrom, dengan background yang dibuat transparant dan ditimpa tulisan judul dan nama penulis. Yang menarik adalah backgroundnya, seolah menyiratkan kerumitan yang sering dialami orang-orang dan ditimpa oleh tulisan you do you yang menyiratkan semua kerumitan ini hanya bisa diselesaikan oleh kamu sendiri.

Sekilas Isi Buku You do You

Untuk isi buku ini sendiri, diawal bab penulis menyuguhkan awal mula kenapa dia menulis. pertanyaan-pertanyaan yang ditulis di sampul belakang buku ada di bagian awal buku ini. Di bab-bab selanjutnya ada pembahasan tentang bagaimana cara kita mengenali diri sendiri, entah itu soal kemampuan sampai keinginan dan goal yang ingin dicapai. Disisipi dengan pengalaman penulis sendiri membuat aku sebagai pembaca sedikit banyak termotivasi dan dibuat mikir tentang "sebenarnya aku sukanya apa? apa kemampuanku? apa goal aku?"

Selanjutnya ada pembahasan soal Ikigai, tentang bagaimana caranya kita mencari dan memutuskan ikigai kita, hingga bagaimana sebuah ikigai atau passion dapat dikembangkan menjadi sebuah bentuk aset untuk mendatangkan pundi-pundi uang. Aku suka saat bang Ruby ini bilang, kalau kita menyukai game, cobalah cari turunan kata kerjanya. Misalnya, dari suka game bisa menjadi youtuber gaming yang bermain sambil nge-live, atau reviewer game, atau bahkan menciptakan game itu sendiri. Dari sinilah sebuah passion akan menjadi pundi-pundi uang.

Di bab selanjutnya ada pembahasan dan tips bagaimana mencapai goal/tujuan kita, pembahasan soal investasi sampai pembahasan tentang sumber penghasilan di luar bekerja di perusahaan. Tak lupa pula disisipkan pengalaman dari penulis sendiri yang tentunya membuat pembahasan di buku ini lebih realistis.

Pro (yang aku suka)

  1. Bahasa penulis yang gaul membuat aku membacanya seolah sedang didongengi, sedang mengobrol dengan kawan yang sedang berbagi pegalamannya.
  2. set up bukunya sendiri menarik, walaupun aku bacanya di e-reader dan tidak bisa melihat warna asli bukunya. Tapi ilustrasi dan tabel-tabel yang ada di dalamnya masih indah untuk dipandang.
  3. Isinya daging banget, ga bertele-tele. Ditambah penulis yang membagikan pengalamannya, menjadikan buku ini layak banget dibaca bagi semua yang masih mempertanyakan "aku sebenarnya mau jadi apa?"

Contra (yang tidak aku suka)

Tidak ada yang tidak aku suka di buku ini, setiap babnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Seperti kata penulis sendiri. "ga perlu baca dari awal sampai akhir, kamu bisa dengan acak membacanya"

Penilaian dan Rekomendasi

Aku kasih bintang 4.5 untuk buku ini, dan aku rekomendasikan bagi temen-temen yang masih bingung tentang mau jadi apa sih sebenarnya aku ini?



Posting Komentar

0 Komentar