6 Buku Motivasi Dan Self Improvement Dari C-Klik Media, Mana Yang Paling Bagus?

 

buku motivasi dan self improvement

Tahun lalu aku membeli sejumlah buku dari penerbit C-Klik Media dan Cemerlang Publishing. Beberapa diantaranya adalah buku Self Improvement, Motivasi dan Keuangan.

Enam dari sejumlah buku itu aku baca dan aku bandingkan, mana sih yang paling ngena buat aku dan mana sih yang bikin aku enjoy bacanya? beserta alasan dan hal menarik lainnya dari masing-masing buku.

Yuk simak review singkat masing-masing bukunya.


1. Follow Your Heart & Be Happy

Follow Your Heart & Be Happy

Buku ini memuat cara-cara tentang bagaimana menjadi bahagia. Dimulai dari mengenali diri sendiri, mencari apa yang diri sendiri inginkan untuk bahagia.

Cara-cara untuk menciptakan bahagia itu sendiri adalah mengenali tanda-tanda peringatan dari hati bahwa kamu mendekati ketidakbahagiaan dan cara menghindarinya.

Aku suka dengan buku karena bahasanya simple. layoutnya menarik, warna teks tidak monoton. Buku ini dicetak dua warna hitam dan merah dan juga ditambah ilustrasi yang lucu. Karena ini pula, pengalaman membaca aku jadi terasa lebih seru.

Bagian yang menurutku menarik ada di halaman 95, tentang uang.

"Uang memang tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi kita meningkatkan kebahagiaan dengan uang" - Gretchen Rubin

"Setiap kali satu pintu ditutup, satu pintu baru akan terbuka" - Hal 44.


2. Tersenyumlah, Dunia Akan Tersenyum Bersamamu

Tersenyumlah, Dunia Akan Tersenyum Bersamamu

Buku ini menyajikan hal-hal yang jika kamu lakukan, akan membuatmu tetap tersenyum atau bahkan tertawa lepas.

Di setiap sub-bab dalam buku ini, tertulis kalimat-kalimat positif seperti,

"Berpikir positif dan bersyukurlah", "Yakinlah, setiap persoalan pasti ada jalan keluarnya"

Semua kalimat positif ini disertai penjelasan rinci yang berupa motivasi untuk melakukannya.

Dengan bahasa yang sederhana, penulis dapat menyampaikan makna bahwa ada banyak alasan untuk kita tetap bisa tersenyum meskipun kita sedang menghadapi masalah yang berat.

Meski narasi dari buku ini terkesan seperti sedang membaca modul dari dosen atau mentor, kalimat motivasi yang menjadi bab di buku ini bisa menjadi kalimat asertif untuk membuat diri semakin positif.

Ada bagian yang menarik perhatian aku di hal 53 dalam bab "Mengubah kekesalan jadi motivasi". Kenapa menarik? Karena dalam bab ini ada kisah tentang ayah dan putri cantiknya yang berumur 30th. Dimana si ayah sedang berusaha mencarikan suami untuk putri cantiknya ini dan diujung cerita, ada kejadian menarik dimana berakhir si Putri mendapatkan calon suaminya.

Dari cerita ini aku mengambil pelajaran bahwa kekhawatiran seseorang bisa menciptakan ide kreatif untuk pemecahan masalah, dan kegelisahan seseorang bisa memunculkan motivasi dan kekuatan.

"Bukan nasib buruk yang membuat kita kecewa & menderita, tetapi perasaan & pikiran kita sendiri" - Hal 16


3. Life is So Simple Guys

Life is So Simple Guys

Buku ini berisi cara-cara bagaimana agar kamu bisa berpikiran sederhana tentang hidupmu. Kamu bisa bahagia hanya dengan menikmati hidupmu. 

Caranya adalah dengan berpikir bahwa hidup itu indah, berdamai dengan diri sendiri, menikmati apapun pekerjaanmu, dan menikmati hidupmu dengan pergaulan yang sehat, selalu bersemangat dan berpikir optimis juga menghindari stress.

Semua ini akan dijelaskan secara rinci dalam buku ini. Misalnya untuk berpikir hidupmu indah kamu harus memulai harimu dengan pikiran yang positif, menjalani hari dengan percaya diri dan mengakhiri hari dengan bersyukur. Jika kamu berhasil mempraktikkan ketiga hal ini, kamu sudah sukses dalam langkah pertama agar membuat dirimu bahagia.

Saat aku membaca ini, jujur aku agak bosan sih karena di beberapa bab seolah ada pengulangan kata. Seperti saran-saran tentang harus berpikir positif, bersemangat, bersyukur, dll.

Bahasanya sederhana, mudah dipahami dan karena itu juga aku gak butuh waktu lama untuk menghabiskan buku ini.

"Jika kita bisa memberikan kesempatan kepada orang lain, seharusnya kita juga bisa memberikan kesempatan itu kepada diri sendiri" - hal 43.


4. Be Smart Be Happy - Cara Berpikir Ala Orang Cerdas

Be Smart Be Happy - Cara Berpikir Ala Orang Cerdas

Di buku ini penulis mencoba menyampaikan bahwa ada cara cerdas untuk memahami masalah dan memikirkan solusinya.

Tidak harus grasak grusuk dan membuat masalahmu makin ruwet. Jika kamu berpikir seperti orang cerdas, masalahmu akan selesai dengan mudah dan kamu tidak perlu stress.

Awal halaman aja buku ini sudah sarkas "Hidup itu simpel, yang ribet itu kamu!" . Sedikit tapi nyesek kan ya? Tapi ada benarnya juga. Lalu, kamu akan disambut lagi dengan bab "Seni membuat masalah kecil menjadi masalah besar" alias overthinking. Dimana kamu amat sangat dilarang untuk mempraktikkan seni ini, karena sudah pasti bukan bahagia yang kamu dapat, tapi kepalamu bisa pusing.

Hal yang menarik dari buku ini menurutku ada di bab 6, tentang menyelesaikan akar masalah. Tapi sebelum menyelesaikan akar masalah, tentu harus menganalisis akar masalahnya dulu dong? Buku ini memberikan sistem penyelesaian yang belum pernah aku baca, bernama RCA (Root Cause Analysis). 

RCA ini adalah sebuah alat problem solving untuk membantu kamu menemukan dan memahami akar penyebab masalah. Tujuannya adalah untuk menghilangkan akar penyebab masalah dan mencegah masalah muncul kembali.

Setelah aku pelajari, RCA ini tidak hanya bisa diaplikasikan dalam masalah sehari-hari tapi bisa juga diaplikasikan dalam menyelesaikan masalah dalam pekerjaan misalnya.

Bahasanya lebih friendly dan asik. Gak bosen juga bacanya. Banyak insight baru seperti si RCA ini.


5. Happy Soul of A Woman

Happy Soul of A Woman

Awalnya aku berekspektasi akan ada motivasi unik yang khusus untuk wanita. Berbagi wawasan pemecahan masalah terkait banyaknya seksis yang terjadi kepada perempuan. Tapi ternyata isinya tidak seperti itu.

Isinya lebih ke saran-saran khusus untuk wanita dalam menghadapi tiga tahap kehidupan yang akan dijalani nanti. Menjadi anak, istri, lalu ibu. 

Ketiga hal ini memang tidak mudah dijalani, apalagi saat masuk ke tahap kehidupan kedua dan ketiga, yaitu menjadi istri dan ibu.

Buku ini memberikan saran-saran bagaimana kita menghadapi situasi menjadi istri dari sebelum memutuskan untuk menerima pinangan dari pacar kita, memikirkan apa saja nanti yang harus disiapkan, karena menikah itu bukan hanya tentang pesta dan tinggal bersama tapi ada banyak hal yang harus dipikirkan. Buku ini akan menjelaskan secara rinci mengenai hal itu.

Selanjutnya, setelah menjadi istri. Menjadi istri juga tidak mudah, masih pacaran saja yang tidak bertemu setiap hari ada cekcoknya ada bosannya, setelah menikah pasti harus ketemu setiap hari dan pasti tidak bisa menghindari cekcok. Buku ini ada untuk kamu agar siap menghadapi hal tersebut.

Kemudian, menjadi ibu. Dalam bagian ini akan dijelaskan dari perencanaan keputusan memiliki anak, apa saja yang harus disiapkan sebelum dan sesudah memiliki anak. Hal-hal rumit yang akan terjadi nantinya, karena sekali lagi masalah itu pasti ada dan tidak dapat kita hindari, yang utama adalah bagaimana kita menyiapkan diri untuk menghadapi masalah tersebut.

Bahasanya ringan dan mudah dipahami, layoutnya juga bagus jadi gak bikin bosan saat membaca buku ini. Insight yang ada di buku ini juga cukup lengkap, dan bisa jadi panduan untuk kamu yang sedang merencanakan untuk memasuki dunia istri dan dunia ibu.

"Gadis kecil dengan mimpi akan menjadi wanita yang memiliki pandangan di masa depan"


6. 11 Ritual Tetap Aktif & Produktif

11 Ritual Tetap Aktif & Produktif

Buku ini berisi tentang bagaimana kita bekerja atau berkegiatan tidak hanya sekedar sibuk tapi juga produktif. Karena sibuk tidak berarti produktif.

Awal bab kamu akan disuguhkan pembahasan sebenarnya produktif itu seperti apa sih. Lalu, di bab kedua ada hal-hal atau kebiasan buruk yang harus dihindari agar kamu bisa tetap produktif.

Bab ketiga, barulah masuk ke 11 ritual agar tetap aktif dan produktif. Dan di bab terakhir, akan dijelaskan mengenai hal-hal istimewa saat kamu bisa menjadi lebih produktif.

Berikut 11 ritual agar tetap aktif dan produktif yang disebutkan buku ini;
1. Buat mantra usir rasa malas
2. Tetapkan target secara bertahap
3. Ciptakan daftar tugas yang realistis
4. Satu tugas, satu waktu
5. Menjadi minimalis
6. Selipkan menit-menit untuk istirahat
7. Stay Focus
8. Kelola energi
9. Kerjakan hal terberat lebih dahulu
10. Nikmati setiap proses
11. Banyak bersyukur

Seperti kelima buku lainnya, bahasa buku ini juga ringan dan mudah dipahami. Menurutku bahasa yang digunakan lebih friendly, dan pembahasan mengenai setiap poin-poinnya menarik dan unik.

Jadi, Mana Yang Paling Bagus?

Sebenarnya semua buku bagus, dan punya target pembaca masing-masing. Semuanya punya gaya penulisan yang ringan dan mudah dimengerti.

Layout dari semua buku dan covernya juga unik. Jadi semacam punya ciri khas, kalau semua buku rilisan C-Klik Media dan Cemerlang Publishing itu punya layout penulisan dengan banyak icon dan emoticon yang relevan di setiap poin pembahasan.

Tapi, jika aku harus memilih dua buku dari 6 buku ini. Aku memilih buku Be Smart Be Happy dan 11 Ritual Aktif dan Produktif. Aku memilih kedua buku ini karena dirasa kedua buku ini yang relate dengan masalah yang aku hadapi sekarang.

Semua orang punya masalah, termasuk aku. Tapi masalahku sudah tidak lagi bisa diatasi dengan kata-kata bijak nan memotivasi seperti "kamu bisa, kamu istimewa", perlu sesuatu yang lebih logis untuk memecahkan atau sekedar bisa menghadapi masalah-masalah yang aku hadapi saat ini.

Selanjutnya, kenapa aku memilih buku 11 ritual tetap aktif & produktif, karena saat ini aku sedang merasa semua kegiatan aku hanya mendapat predikat "sibuk" tapi hasilnya berantakan. Aku juga cukup mudah terdistraksi dan buku ini punya cara untuk masalah tersebut.

Jadi, kalau kamu, dari keenam buku ini, mana yang lebih bikin kamu tertarik?

Untuk review buku lainnya bisa klik menu Books
Kerjasama review dan lainnya bisa email ke ikarireads@gmail.com

Posting Komentar

0 Komentar