Review Novel Sihir Mesir Di Tanah Jawa: Horor dan Sejarah Jadi Satu!


Disclaimer : Blog post ini merupakan perpanjangan dari review yang ada di youtube. Jika tidak ingin repot membaca, bisa langsung saja tonton video dengan klik play pada video di atas.

Sudah dari awal aku mengikuti, membeli dan membaca semua karya Kisah Tanah Jawa. Buku kali ini punya kesan yang berbeda dibanding buku lainnya. Jika biasanya tim KTJ menulis sebuah buku dengan isi berupa investigasi mistis, buku kali ini justru ada cerita sejarah utama tanah Jawa, namun dibalut dengan cerita fiksi mistis.

Sinopsis Novel Sihir Mesir Di Tanah Jawa


Pada pertempuran Sungai Nil, salah satu pasukan Napoleon Bonaparte selamat karena sebuah sihir. Dia bertemu dengan seorang kakek tua dan dari kakek itulah dia menulis kitab mantera sihir. Dia lalu benar-benar kembali dengan selamat tanpa luka sedikitpun.

Kitab sihir tersebut sempat hilang dan kemudian ditemukan oleh prajurit keturunan Yahudi-Mesir. Prajurit ini ditugaskan untuk pergi ke Hindia Belanda dan ia pergi membawa serta kitab mantera sihir tersebut.

Karena keturunan Yahudi-Mesir, prajurit tersebut bisa membaca isi kitab mantera sihir itu. Pada suatu waktu, demi membuktikan bahwa kitab mantera tersebut asli, dia mengucapkan sebuah mantera yang tertulis di sana. Karena ketidaktahuannya, dia mengucapkan mantera yang ternyata bisa membuka portal iblis dan membuat para iblis keluar dari neraka dan bermukim di tanah Jawa.

Sementara itu, pembangunan jalan raya pos sedang dilaksanan. Desas-desus mulai bermunculan bahwa kitab sihir mesir, keanehan para pekerja, dan gubernur Daendels saling berhubungan. Freemason yang tadinya sebuah organisasi rahasiapun turut berubah jadi sebuah sekte sesat.

Kesan Setelah Membaca Kitab Sihir Mesir Di Tanah Jawa


Selalu ada kesan setiap selesai membaca buku, dan inilah beberapa kesanku;

1. Fiksi atau nyata?

Pertanyaan pertama yang timbul setelah membaca buku ini adalah, ini fiksi atau benar nyata? Agak sulit menyimpulkan karena seperti yang kita tahu tim KTJ sudah berulang kali menerbitkan buku dan kebanyakan proses kreatifnya sendiri berdasarkan peristiwa nyata. Tapi sekali lagi, tim KTJ sendiri menegaskan bahwa ini hanya fiksi namun ada bumbu sejarah didalamnya. Untuk itulah aku menyimpulkan sendiri bahwa ini termasuk novel horror sejarah.

2. Ilustrasi

Selalu ada ilustrasi di setiap buku yang diterbitkan tim KTJ. Ilustrasinya ini punya gaya yang unik dan aku suka. Salah satu ilustrasi yang aku suka adalah ilustrasi fir'aun.

3. Sisi lain sejarah Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan pada sinopsis bahwa buku ini menceritakan tentang pembangunan jalan raya pos beserta misterinya. Namun, tidak disangka ada sisi lain yang diungkap di sini yang aku sendiri pun baru mengetahuinya, yaitu tentang Daendels.

4. Misteri prajurit Yahudi-Mesir

Dari sekian banyak kisah sejarah yang disinggung di buku ini, ada satu yang sampai sekarang pun membuat aku penasaran, yaitu tentang prajurit Yahudi-Mesir. Prajurit ini tidak tercatat dalam sejarah. Apakah bisa disimpulkan bahwa tokoh ini hanya karangan untuk menyempurnakan novel fiksi kali ini?

Fakta Sejarah Yang Diikutsertakan Dalam Buku Ini


Ada beberapa fakta sejarah yang diikutsertakan dalam buku ini, ini dia yang aku temukan;

  1. Pertempuran sungai Nil yang terjadi pada tanggal 1-2 Agustus 1798
  2. Berdirinya kerajaan Belanda yang dipimpin oleh Louis Bonaparte tahun 1806 dan merupakan saudara Napoleon Bonaparte
  3. Kedatangan jenderal Hindia Belanda tahun 1808-1811, yaitu Herman Willem Daendels
  4. Dilaksanakannya mega proyek Jalan Raya Pos pada tahun 1808, mulai dari Anyer - Banten hingga Panarukan - Jawa Timur
  5. Organisasi Freemason yang diduga merupakan organisasi sesat

Jadi itulah review novel horror Sihir Mesir Di Tanah Jawa karya Kisah Tanah Jawa kali ini. Aku rekomendasikan novel ini untuk kamu yang suka sejarah dan sekaligus suka dengan novel horror klenik. 

Terima kasih sudah membaca, jika kamu perlu sesuatu seperti tawaran kerjasama, jasa content writer murah, bisa menghubungi email di nurhayati.irma20@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar

0 Komentar