Tutorial Install Kamus Di Onyx Boox Poke 2

Disclaimer : Blog post ini merupakan perpanjangan dari review yang ada di youtube. Jika tidak ingin repot membaca, bisa langsung saja tonton video dengan klik play pada video di atas.

Halo Teman Buku Semuanya...

Banyak dari teman-teman yang request via DM dan komentar Instagram, juga via komentar di Youtube utnuk membuat tutorial install kamus di Onyx Boox Poke 2. Tapi sekali lagi, untuk menghindari kebingungan. Aku menggunakan Onyx Boox tipe Poke 2. Jika teman-teman ingin mencoba tutorial ini di Onyx Boox tipe selain Poke 2, silahkan. Tidak ada salahnya untuk mencoba, tapi alangkah baiknya coba baca dulu pedoman pemakaian untuk tipe Onyx Boox masing-masing. 

Persiapan instalasi kamus di Onyx Boox Poke 2

Dulu, Onyx masih menyediakan kamus cloud yang bisa dengan bebas kita download. Tapi saat ini, setelah banyak perubahan dalam sistem Onyx untuk Poke 2. Aku harus menggunakan cara yang kedua, yaitu dengan memasukkan kamus eksternal dan menyimpannya di folder yang sudah disediakan. 

Teman-teman bisa mendownloadnya dahulu di link yang sudah disediakan. Link download.

Jika ternyata teman-teman bingung memilihnya dan hanya perlu kamus Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia saja. Teman-teman bisa download file-nya di folder drive yang sudah aku sediakan. Link drive.

Perlu dipastikan, file kamus yang bisa terbaca oleh sistem Onyx hanya file Stardict saja. File yang sudah ter-download harus di-unzip terlebih dahulu menggunakan aplikasi 7-zip

Tutorial install kamus di Onyx Boox Poke 2

Cara memasukkan file kamus ke device

  1. Siapkan file yang sudah di-unzip. Pastikan bahwa folder langsung berisi file kamus. Tidak ada folder di dalam folder.
  2. Sambungkan device ke komputer dan buka file penyimpanan.
  3. Copy folder dan masukkan ke folder "dicts"
  4. Restart device

Pengaturan kamus di internal device

  1. Masuk ke app "dictionary"
  2. Klik garis tiga di pojok kanan atas
  3. Klik "preferred dictionary settings"
  4. Ceklis kotak kamus yang akan kamu pakai
  5. Kamus sudah bisa digunakan

Menjawab pertanyaan yang sering diajukan

Pertanyaan yang sering diajukan mengenai kamus ini adalah "kamusnya lengkap tidak sih?". Tentu saja tidak, pasti ada saja vocabulary yang tidak ada. Kamus dari cloud eksternal tidak memiliki basis cloud online seperti Google Translate yang dapat secara otomatis ter-update.

Maka dari itu, aku lebih suka menggunakan Google Translate. Tinggal install aplikasi melalui play store, download kamus offline sesuai dengan bahasa yang diperlukan dan sudah bisa digunakan dengan atau tanpa koneksi internet.

Terima kasih sudah membaca, jika kamu perlu sesuatu seperti tawaran kerjasama, jasa content writer murah, bisa menghubungi email di nurhayati.irma20@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar

0 Komentar