Kenapa Ibu Rumah Tangga Tetap Harus Punya Penghasilan?

 

Stories: Kenapa Ibu Rumah Tangga Tetap Harus Punya Penghasilan?

Sebenarnya ini keresahan aku akhir-akhir ini atas beberapa obrolan dari tetangga yang mengatakan bahwa ibu rumah tangga tetap harus punya penghasilan. Seketika aku bertanya "kenapa? bukannya perempuan yang sudah menikah hidupnya ditanggung oleh suami? kenapa kita harus tetap punya penghasilan?"

Setelah berselancar di internet dan juga hasil mengobrol sana sini sekaligus hasil renungan berbulan-bulan, inilah alasan kenapa ibu rumah tangga tetap harus punya penghasilan.

Ibu rumah tangga berpenghasilan punya keuangan yang lebih stabil

Coba deh bayangin kalau kita sebagai ibu rumah tangga yang punya penghasilan sendiri, anggaran keuangan tentunya akan nambah dong, jadi gak melulu dari suami. Misalnya nih untuk keperluan ibu sendiri seperti baju, sepatu, skincare, make up, atau kebutuhan pribadi lainnya bisa ditutupi oleh gaji ibu sendiri. Dengan begitu, uang dari suami bisa dialokasikan untuk anggaran yang lebih besar lagi. Bisa untuk tabungan sekolah anak-anak atau tabungan pensiun.

Ibu rumah tangga berpenghasilan bisa mengembangkan kemandirian

Mandiri tuh gak cuma bisa mengerjakan apapun sendiri, tapi mandiri secara finansial juga penting. Dengan memiliki penghasilan sendiri, ibu bisa merasakan kemandirian finansial. Secara sederhana, mau beli apapun gak perlu lagi minta dan ngeganggu anggaran dari suami. Ibu juga bisa lebih percaya diri, dan bisa membangun keterampilan manajemen keuangan pribadi. Bisa mengambil dan menentukan keputusan finansial keluarga yang bijaksana juga. Keterampilan ini akan sangat berguna seumur hidup. 

Ibu rumah tangga berpenghasilan bisa membangun jaringan sosial dan profesional

Ibu rumah tangga yang bekerja, baik itu kerja kantor, freelance, atau berdagang, secara tidak langsung akan bersosialisasi dengan pihak luar secara profesional. Hal ini bisa ibu manfaatkan untuk secara profesional membangun jaringan sosial yang lebih luas, berinteraksi dengan orang-orang di luar lingkaran keluarga, dan memperluas hubungan sosial. Dengan begitu, ibu bisa mempelajari hal-hal baru, dan memperoleh pengalaman yang dapat memperkaya hidup. Tapi inget, kaya gak melulu uang ya, ilmu juga termasuk kekayaan.

Ibu rumah tangga berpenghasilan bisa lebih mudah menghargai diri sendiri

Pernah gak ngerasa, "wah aku tertinggal nih dari si ibu ini". Itu wajar sebenarnya, karena aku pun merasakan hal yang sama. Maka dari itu, penting bagi ibu untuk punya penghasilan sendiri meski nilainya tidak seberapa. Hal ini bisa membantu ibu untuk merasa lebih dihargai dan diakui oleh orang terdekat dan sekitarnya. Selain itu juga ibu bisa punya kesempatan untuk memperoleh pencapaian di luar peran sebagai ibu rumah tangga. Dengan begitu, rasa percaya diri dan kepuasan diri ibu bisa meningkat.

Ibu rumah tangga berpenghasilan punya keamanan finansial jangka panjang

Kalau membahas soal finansial jangka panjang, pasti tidak jauh dari tabungan, investasi dan dana pensiun. Dengan ibu punya penghasilan sendiri, ibu dapat membangun semua instrumen itu. Hal ini juga berguna sebagai antisipasi jika terjadi situasi darurat atau terjadi perubahan keadaan yang tidak terduga. Kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya, maka dari itu persiapan finansial itu harus matang. 

Itulah lima alasan kenapa ibu rumah tangga tetap harus punya penghasilan. Tapi, kembali lagi, setiap keluarga punya kebutuhan dan situasi yang berbeda. Keputusan untuk memiliki penghasilan atau tidak itu jadi keputusan yang sangat pribadi. Tapi yang perlu digaris bawahi dari kelima alasan ini adalah tentang mendapatkan kebebasan finansial di masa depan dan menghargai diri sendiri. Meski ibu tidak memiliki penghasilan, jika ibu bisa menyisihkan uang suami untuk menabung dan investasi jangka panjang, itu sudah bagus bu. Dan ingat, ibu tetap orang yang berharga bagi suami dan anak-anak. Tidak perlu merasa rendah diri, karena tidak semua orang mampu menjadi ibu.

Baca juga :

Pilih jadi wanita karir atau ibu rumah tangga

Berawal dari hobi, jadi usaha

Posting Komentar

0 Komentar