Cara Baru Pesan Makanan Online Tanpa Apps Di Website AyoMakan

cara baru pesan makanan online melalui website ayomakan

Di era digital ini sudah tidak asing lagi dengan teknologi pesan makanan online. Entah itu pesan antar makanan, pesan pick up makanan, maupun booking untuk dine in.

Namun, selama ini yang kita tahu hanya aplikasi untuk pesan antar makanan saja. Sedangkan untuk pick up dan booking dine in, kita melakukannya secara online melalui jaringan telepon atau aplikasi perpesanan seperti Whatsapp.

Saat ini ada sebuah website yang mencakup semua hal yang aku sebutkan di atas. Mulai dari pesan antar makanan, pesan pick up makanan, maupun booking restoran untuk dine in.

Bahkan, website ini pun menyajikan artikel-artikel seputar makanan. Mulai dari rekomendasi makanan enak, rekomendasi restoran, sejarah makanan, sampai sejarah alat makanan yang ada di seluruh dunia.

Website tersebut adalah ayomakan.com. Sebuah website kuliner yang menyediakan segala macam informasi tentang makanan dan restoran, sekaligus sebagai website untuk pesan makanan online.

Tampilan Website AyoMakan dan Kesan Sebagai Pengguna


tampilan website ayomakan

Website AyoMakan merupakan sebuah platform digital yang memberikan pengalaman baru untuk kamu sang pencinta kuliner dalam pesan makanan secara online.

Kamu tidak lagi perlu menginstall aplikasi untuk mengakses AyoMakan. Cukup gunakan browser apapun dan masuk ke https://ayomakan.com/.

Aku sendiri sudah mencoba membuka website ini melalui laptop dan juga melalui handphone. Secara user experience, website ini sangat ringan meskipun jaringan internet sedang lemot.

Saat pertama kali membuka website ini, aku dimanjakan dengan tampilan beranda yang rapi, bersih, dan mudah sekali digunakan dalam sekali lihat.

Terdapat banner voucher yang memikat untuk di-klik dan dibawahnya ada menu filter lokasi, kategori menu dan restoran yang memudahkan pengguna untuk langsung mencari rekomendasi restoran yang sesuai.

menu shortcut website ayomakan

Jika kamu meneruskan scroll ke bawah, kamu akan menemukan menu-menu utama, mulai dari menu voucher, gratis ongkir, makan hemat, hingga ke pilihan menu all you can eat.

Scroll lagi ke bawah kamu akan menemukan voucher-voucher restoran yang bisa kamu beli, profil restoran, lalu ada artikel-artikel tentang makanan dan restoran.

Aku sendiri merasa bahwa website AyoMakan punya semua hal yang dibutuhkan oleh pencinta kuliner dalam satu website. Bahkan informasi mengenai kisaran harga, jam operasional, peta lokasi dan ulasan suatu restoran pun tersedia.

profil restoran di ayomakan

Kemudahan lainnya yang aku rasakan dari website ini adalah jika ingin mencari rekomendasi restoran ataupun rekomendasi makanan, aku bisa menuju ke menu artikel dan mencarinya.

Setelah selesai mencari rekomendasi restoran ataupun makanan dan ingin langsung memesan makanan ataupun memesan tempat di restoran, aku tinggal mencari restoran tersebut lalu pilih pesan makanan atau reservasi.

Hal Menarik Di Website AyoMakan

Ada beberapa hal menarik yang aku temukan di website AyoMakan selain kemudahan dalam reservasi restoran dan pesan makanan online.

1. Voucher Restoran

Di halaman beranda terdapat banner besar dengan kotak CTA “Beli Vouchernya!”, dan jika melihat banner lainnya, kita bisa lihat promosi voucher dari beberapa restoran ternama.


menu voucher restoran ayomakan

Saat masuk ke menu voucher, ada banyak sekali voucher yang bisa dipilih dan dibeli. Beberapa voucher restoran yang tersedia ada Shaburi & Kintan, Denny’s, Yakiniku Like, Kimukatsu, dan banyak lagi. Hampir semuanya ada logo diskon hemat, mulai dari 30% hingga 50%.

contoh voucher restoran di ayomakan

Voucher-voucher ini bisa kita beli untuk kita pergunakan nantinya di restoran yang tertulis di voucher tersebut. Tapi kamu juga harus perhatikan syarat dan ketentuan, cara penggunaan, dan outlet-outlet yang menerima voucher tersebut.

2. Program Insentif Pengguna

Hal menarik kedua yang aku temukan di website ayomakan adalah program insentif pengguna.

Meski memang belum dipromosikan secara langsung dan aku pun menemukannya di bagian Terms of Service, yang sedikit tersembunyi, jika benar direalisasikan, menurutku hal ini akan sangat menarik.

program insentif pengguna ayomakan

Di dalam poin ke-empat di dalam bagian Penyediaan Layanan yang Ditawarkan Ayomakan, disebutkan bahwa Ayomakan ada kemungkinan memperkenalkan sebuah program insentif bagi pengguna berbasis rujukan.

Ini masih jadi tanda tanya, apakah akan seperti kode referral pengguna untuk membawa pengguna lain bergabung, aku pun masih belum tahu.

Cara Pesan Makanan Online Melalui Website AyoMakan

Berikut langkah-langkah cara pesan makanan online melalui website AyoMakan dari perangkat handphone ataupun laptop.

1. Daftar/Registrasi Akun

daftar akun ayomakan

Kamu perlu mendaftar atau registrasi akun terlebih dahulu sebelum mulai mencoba memesan makanan.

Tinggal masukan email, no telepon dan kata sandi saja. Kamu juga bisa menggunakan akun Google kamu dengan klik di tombol Google.

2. Lengkapi Profil

halaman profil akun ayomakan

Kamu perlu melengkapi profil terlebih dahulu mulai dari nama lengkap, nomor telepon, email, tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi dan kota tempat tinggal juga selera makan.

Semua dibutuhkan agar website ayomakan dapat memberikan rekomendasi restoran sesuai dengan lokasi dan minat kamu.

3. Masuk Ke Beranda Lalu Pilih Restoran


menu shortcut ayomakan

Ada dua cara sebenarnya untuk memilih restoran. Pertama bisa melalui menu filter dan yang kedua bisa melalui menu shortcut yang ada di bagian bawah menu filter.

4. Klik Pesan Makanan

pesan makanan di ayomakan

Setelah restoran terpilih, kamu akan masuk ke halaman profil restoran. Klik tombol “pesan makanan” untuk masuk ke menu pesan makanan.

Kamu juga bisa pilih pesan antar, pick up ataupun makan ditempat. Tapi karena aku akan mencoba pesan antar makanan, maka aku akan klik ‘pesan antar’.

5. Pilih Menu Makanan

pilih menu makanan di ayomakan

Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman ESB order untuk restoran yang sudah kamu pilih, dan kamu bisa pilih menu makanan yang tersedia dan klik “tambah”. Makanan akan langsung ditambahkan ke keranjang order.

6. Klik Checkout

Jika sudah selesai, kamu bisa langsung klik “checkout” untuk masuk ke proses selanjutnya.

7. Lengkapi Pembayaran

lengkapi pembayaran di ayomakan


Di halaman ini kamu perlu melengkapi alamat rumah kamu dan juga perlu memilih layanan antar. Layanan antar yang dipilih diantaranya, Gosend, Grab Express, dan Lalamove.

Selanjutnya klik “lanjutkan pembayaran” lalu pilih metode pembayaran.

metode pembayaran ayomakan

Metode pembayaran yang tersedia diantaranya, Shopeepay, OVO, Gopay, Dana, LinkAja, dan QRIS.

8. Tunggu Pesanan Diantarkan Ke Rumah

Setelah pembayaran selesai, kamu bisa menunggu makanan kamu diantarkan ke rumah.

Itulah proses cara pesan makanan online melalui website AyoMakan. Proses pesan makanan online ini tidaklah rumit dan mudah sekali diikuti. Terlebih kita pun tidak perlu menginstall aplikasi terlebih dahulu. Sangat menguntungkan bagi orang yang memiliki memori hp yang kecil.

Berkat jaringan digital, semakin hari kita semakin dimudahkan dalam hal mencukupi kebutuhan primer dan sekunder kita sebagai manusia. Salah satunya adalah dengan munculnya website pesan makanan online seperti AyoMakan ini.

Melalui website AyoMakan, kita bisa lebih mengenal dunia perkulineran melalui artikel-artikel yang disajikan dan kita juga bisa lebih mudah memesan layanan pesan antar maupun reservasi tempat di restoran yang kita pilih.

Pencarian rekomendasi kuliner dan pesan makanan online tidak lagi sulit dengan adanya website kuliner AyoMakan.

Posting Komentar

0 Komentar