Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur, Bisa Meredakan Stress!

Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur, Bisa Meredakan Stress

Sering kita mendengar bahwa salah satu manfaat membaca buku sebelum tidur bisa meredakan stress sehari-hari. Tapi sebenarnya ada banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan jika mulai membentuk kebiasaan membaca sebelum tidur.

Aku sendiri pun sebenarnya masih mencoba membentuk kebiasaan ini, walaupun seringnya hanya membawa buku ke kasur dan setelahnya, ya tidur. Seringkali buku tidak terbaca sama sekali. Haha

Tapi memang buku buat aku membawa nuansa kantuk luar biasa meskipun hanya disimpan disamping bantal. Yah, setidaknya bukan handphone yang aku simpan di dekat kepala. Kita tahu juga kan bahwa radiasi handphone tidak baik untuk kesehatan.

Jadi, mari kita coba membangun kebiasaan membaca buku sebelum tidur. Tapi sebelum itu, inilah manfaat membaca buku sebelum tidur;

1. Meredakan Stress

Manfaat membaca buku sebelum tidur yang pertama adalah meredakan stress. Membaca buku bisa membantu kita menghilangkan stress setelah bekerja seharian. Efeknya mirip dengan yoga, meditasi, atau pun menonton video lucu..

Tekanan emosional akibat kegiatan selama seharian penuh dan membuat kita sulit tidur, bisa terbantu hanya dengan membaca buku selama setengah jam setiap sebelum tidur.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut sebuah studi tahun 2021, membaca buku sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Studi itu menyebutkan juga bahwa peserta yang membaca buku sebelum tidur merasa tidur mereka lebih baik setelah seminggu.

Jadi, bisa dicoba ya untuk kamu yang masih merasa bangun tidur badan masih capek-capek atau merasa kelelahan meski sudah tidur lama.

3. Mengatasi Susah Tidur

Manfaat membaca buku yang ketiga adalah mengatasi susah tidur. Hal ini karena membaca dapat membantu mengurangi gairah kognitif pada otak.

Terutama jika kamu sedang melakukan pengobatan insomnia. Kamu bisa kombinasikan pengobatan insomnia kamu dengan membaca buku sebagai terapi sehari-hari.

4. Meningkatkan Durasi Tidur

Untuk kamu yang sering terbangun tengah malam, membaca buku sebelum tidur bisa menjadi kegiatan yang tepat seperti terapi.

Tidur yang tidak nyenyak dan sering terbangun tentunya tidak akan menyenangkan baik itu ke fisik maupun emosional.

Membaca buku sebentar sebelum tidur, mungkin sekitar 15 menit, dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak dan memberikan pengalihan perhatian positif dari emosi yang menyakitkan atau berlebihan.

Jadi itulah 4 manfaat membaca buku sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan hanya dengan membaca sekitar 15 hingga 30 menit saja setiap harinya.

Memang ada beberapa kasus menarik dari para pembaca buku yang justru kesulitan tidur setelah membaca suatu novel. Hal ini disebabkan novel yang mereka baca terlalu seru untuk dilewatkan. Aku pun pernah mengalaminya sendiri.

Tapi dengan kita mengatur waktu sekitar 15 hingga 30 menit membaca atau mungkin berhenti membaca setiap menyelesaikan 1 bab, kamu bisa mengontrol diri untuk berhenti membaca dan tidur terlebih dahulu.

Kamu bisa cek rekomendasi buku dengan membaca ulasan buku di menu Books dan membaca artikel tentang membaca buku lainnya di menu Readpedia.


Posting Komentar

0 Komentar