Apa Itu PAFI? Yuk, Kenalan dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

 

pharmacy by unsplash

Bagi yang sudah memasuki dunia farmasi, pastinya mereka sudah tidak asing dengan PAFI. PAFI merupakan singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Dimana semua orang yang berprofesi sebagai ahli farmasi berkumpul dalam satu naungan organisasi ini.

PAFI juga memiliki website-website resmi untuk setiap regional agar lebih memudahkan para ahli farmasi bertemu di satu daerah dekat tempat tinggal mereka. Contohnya website PAFI untuk Kabupaten Nias, Sumatera Utara yaitu https://pafinias.org/.

Sedangkan farmasi merupakan salah satu jurusan profesi yang berkaitan dengan kesehatan, yaitu dalam hal obat-obatan. Tanpa para ahli farmasi ini, kita tidak akan bisa mendapatkan obat yang sesuai dengan penyakit yang kita derita.

Tenaga ahli farmasi ini memiliki peran penting dalam perkembangan kesehatan di tanah air, dan PAFI berperan penting dalam pengembangan profesi farmasi di Indonesia.

Mengenal PAFI Lebih Dekat

logo PAFI

Seperti yang sudah dijelaskan, PAFI adalah organisasi profesi yang menaungi tenaga ahli farmasi di seluruh Indonesia.

PAFI didirikan pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta yang lahir dari semangat perjuangan dan kebersamaan para ahli farmasi. Mereka berperan aktif sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

PAFI menjadi wadah bagi semua para ahli farmasi dan mereka berkumpul untuk meningkatkan dan memajukan pelayanan farmasi di Indonesia.

Para ahli farmasi yang sudah masuk menjadi anggota PAFI dapat berbagi informasi, wawasan dan pengetahuan seputar dunia farmasi di sini. Dari sini pula berita baik dari dunia farmasi tersebar ke seluruh Indonesia.

Dengan adanya organisasi atau wadah ini, kita sebagai masyarakat awam dapat merasakan kehadiran mereka secara nyata dan juga langsung.

Bagi mereka yang bekerja di bidang farmasi tentunya penting untuk bergabung ke organisasi PAFI ini agar bisa berkumpul sesama ahli farmasi di seluruh Indonesia.

PAFI juga memiliki cabang di setiap daerah, dan sudah tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

Peran Penting PAFI

PAFI sebagai wadah para ahli farmasi di Indonesia memiliki peran penting dalam pengembangan profesi farmasi di tanah air.

Berikut peran penting PAFI dalam berbagai bidang;

1. Advokasi Profesi

PAFI berperan sebagai penyuara ahli farmasi untuk berbagai isu terkait kebijakan farmasi di tingkat nasional dan internasional. Organisasi ini juga berperan dalam setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah terkait farmasi, memastikan bahwa kebijakan tersebut mendukung kepentingan masyarakat dan perkembangan profesi farmasi.

2. Pendidikan dan Pelatihan

PAFI berperan aktif dalam meningkatkan pendidikan di bidang farmasi serta memberikan pelatihan kepada para ahli farmasi. PAFI juga terlibat dalam penyusunan kurikulum, pelatihan dan sertifikasi lulusan farmasi. 

Dengan ini PAFI berusaha menciptakan dukungan pendidikan dan pengembangan para ahli farmasi serta berkontribusi kepada pelayanan kesehatan masyarakat agar lebih baik lagi.

3. Penelitian

PAFI mendorong penelitian penelitian dalam berbagai aspek farmasi termasuk penelitian ilmiah, pasar dan klinis. Hal ini memiliki tujuan dalam hal pengembangan ilmu farmasi dan menerapkan temuan-temuan baru dalam praktek sehari-hari.

VISI MISI PAFI

PAFI tentu saja memiliki visi misi sebagai gambaran tujuan dan peran organisasi dalam pengembangan profesi farmasi di Indonesia.

Berikut ini adalah visi misi PAFI;

1. VIsi PAFI

PAFI dapat menjadi organisasi profesi apoteker yang profesional, bermartabat dan mandiri juga diakui secara nasional dan internasional dalam mewujudkan visi kesehatan nasional.

2. Misi PAFI

PAFI memiliki beberapa misi sebagai berikut;

  • Meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan ahli farmasi
  • Mengembangkan praktik kerfarmasian yang berkualitas
  • Memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan ahli farmasi
  • Meningkatkan peran ahli farmasi dalam pelayanan kesehatan

Website PAFI Tingkat Nasional dan Daerah

Seperti yang sudah disebutkan, PAFi memiliki beberapa website resmi yang terintegrasi secara nasional. Website-website ini memfasilitasi para anggota untuk berkomunikasi dan berbagi komunikasi di setiap daerah.

Contohnya saja, website PAFI untuk daerah nias di https://pafinias.org/, website ini secara khusus memfasilitasi para anggota PAFI yang berada di Kabupaten Nias, Sumatera Utara untuk berbagi informasi dan wawasan terkait bidang farmasi.

Bagi kamu yang mungkin sedang menekuni dunia farmasi atau memang saat ini sudah menjadi ahli farmasi, sebaiknya mulailah bergabung dengan PAFI yang ada di kota kamu.

Kamu hanya perlu untuk mendaftar sebagai anggota di kolom registrasi anggota. Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan informasi seputar bidang farmasi yang kamu inginkan.


Posting Komentar

0 Komentar