5 Tips Memulai Usaha Untuk Pemula dari Buku Womenpreneur Checklist

womenpreneur

Photo by Christin Hume on Unsplash

Ada ga sih diantara kalian khususnya perempuan nih yang setelah menikah terpaksa harus keluar dari kerjaan karena harus mengurus anak atau mungkin ada hal lain yang menjadikan kalian harus berhenti bekerja. Namun, setelah satu sampai dua tahun menjalani kehidupan menjadi full time ibu rumah tangga mulai timbul rasa bosan dan rasa rindu karena ingin kembali bekerja. Tapi karena alasan-alasan di awal tadi, rasanya agak sulit untuk memulai kerja lagi di luar rumah. Lalu terpikir untuk kerja di rumah saja, misalnya membuka usaha kecil, namun harus mulai dari mana?

Begitulah dilema yang juga pernah aku rasain dulu, sebelum akhirnya terjun ke dunia freelancer dan juga berjualan jasa print foto sekarang.

5 Tips Memulai Usaha Untuk Pemula dari Buku Womenpreneur Checklist

Buku Bisnis — Womenpreneur Checklist

Buku Bisnis — Womenpreneur Checklist

Seri belajar dari buku eps. 01 ini, kita akan belajar memahami tips memulai usaha bagi pemula khususnya perempuan dari buku Womenpreneur Checklist ini.

  1. Memulai Bisnis atau Usaha berdasarkan hobi/kesukaanOrang yang memulai usaha berdasarkan dari hobi mereka akan memiliki tingkat kesuksesan lebih tinggi. Memulai usaha yang dimulai dari hobi tentunya akan lebih menyenangkan dan membuat pelaku usaha lebih bisa menikmati waktunya ketimbang dengan orang yang memulai usaha dengan “ikut-ikutan” karena melihat orang lain memiliki bisnis yang sama dan sukses.
  2. Persiapan dan perencanaan yang matangUsaha yang sukses tentu harus memiliki persiapan dan perencanaan yang sudah di susun rapih dan rinci, mulai dari ide usaha, modal usaha, dan produk jadi yang sudah siap di pasarkan. Tentunya sebelum itu juga persiapan produk jadi pun harus sudah benar-benar pasti dan pelaku usaha harus yakin akan produk tersebut dari segi manfaat yang ditawarkan misalnya dan juga kualitas.
  3. Memperhatikan kualitas produkProduk adalah hal utama yang harus diperhatikan, kualitas suatu produk harus diperhatikan dan harus dijaga agar konsumen bisa selalu puas dengan produk yang kita tawarkan
  4. Jangan pernah menyerahDalam menjalankan bisnis pasti ada rasa lelah karena waktu yang kita habiskan justru lebih banyak ketimbang kerja kantoran, rasa bosan juga pasti akan menyerang dan itu harus kita tepis jauh-jauh jika mau usaha kita berjalan maju dan sukses. Apalagi tentang masalah yang timbul di sela-sela kita sedang menjalankan bisnis, hal ini pun tidak bisa dihindari. Untuk itu, jangan menyerah, carilah solusi yang tepat dan penuh pertimbangan unutk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul.
  5. Memahami bisnis yang akan digelutiSelain kesiapan ide, produk, waktu, perencanaan dan mental, memahami bisnis yang akan digeluti juga tidak kalah pentingnya. Dengan ini, kita akan lebih siap lagi menghadapi kemungkinan permasalahan dari segi lawan bisnis yang akan timbul, dan juga pasar produk yang akan kita tawarkan nanti.

Itulah kelima tips memulai usaha bagi pemula dari buku ini yang bisa aku rangkum dan aku sampaikan, selebihnya mungkin teman-teman bisa membaca bukunya saja karena sebenarnya masih banyak lagi hal yang bisa di ambil dari buku ini.

Video Wawancara dengan Womenpreneur dan Tips Bisnis



Klik >> Review Buku untuk postingan seputar ulasan buku.

Klik >> Stories untuk postingan seputar daily life.

Klik >> Channel Teman Buku untuk melihat video seputar buku di Youtube.

Klik >> Podcast Teman Buku untuk mendengarkan podcast seputar buku di Spotify.



Posting Komentar

15 Komentar

  1. Menarik ini, hobi jadi bisnis. Kalau suntuk atau stres karena bisnis, tinggal nyari hobi baru hahaha...

    BalasHapus
  2. Naah..pas banget nih untuk temanku yg baru mau mulai berbisnis. Terima kasih tips2nya Kak..kuteruskan ke dia yaa..

    BalasHapus
  3. Gimana ya cara mengubah pandangan dan sikap yang terkesan buru-buru. Saya juga ingin membangun usaha tetapi perencanaan terkesan biasa dan endingnya jalan di tempat. Sering mencoba berbagai tips tapi endingnya sama aja, sikap buru-buru tetap mendominasi.

    BalasHapus
  4. Thank you tipsnya mba! Benar banget sih salah satunya jangan menyerah, semangat terus mencoba dan cari solusi!

    BalasHapus
  5. Poin paling saya higlight itu "jangan pernah menyerah", soalnya sering banget rencana udah disusun bagus-bagus eh karena pas prosesnya ga sesuai ekpektasi jadi mundur teratur. Padahal harusnya emang cari solusi buat nyelesain masalah yg muncul.

    BalasHapus
  6. Buat yang baru-baru memulai usaha jangan kaget kalau dari sebulan penghasilannya kurang dari gaji waktu dulu bekerja, makanya dipoint ke 4 ada jangan pernah menyerah

    BalasHapus
  7. salah satu penyakit pembisnis pemula emang pengen ikutan semua. ngeliat lagi tren apa pengen, tanpa melihat apa yang sbenarnya disukai atau dikuasai. thanks tipsnya mbak.

    BalasHapus
  8. Alangkah senengnya bisa bekerja dan menghasilkan uang dari Hobby ya mba, saya saat ini sedang belajar mengemas tulisan menjadi penghasilan dan menjadi writerpreneur.
    Dari ulasan mba, buku itu kyknya bagus yaa.. mau coba baca untuk menambah referensi

    BalasHapus
  9. emang paling enak ya klo hobi jadi duit
    apalagi sekarang kedai kopi kekinian lagi hapening

    BalasHapus
  10. kalau memulai bisnis susuai hobi atau hal2 yang disukai emang berasa lebih hepi dan nyaman ngejalaninnya ya mba, ga buat bisnis aja bisa sukarela ngelakuiinya, baru deh planning dan eksekusinya harus gas pol biar bisnis nya sukses!

    BalasHapus
  11. Saya senang dengan para perempuan yang terus bergerak maju meskipun mengemban tugas rumah tangga. Mungkin banyak yang mengalami hal di atas, bosen dan ingin bekerja lagi. Saat ini bekerja tidak musti dikantor, bisa dari rumah. Berawal dari hobi adalah langkah yang baik.

    BalasHapus
  12. Saya cocok nih, dengan poin nomor satu. Selain akan menyenangkan, juga lebih mudah menjalankannya. Btw, akankah ada buku Men Preneur? :)

    BalasHapus
  13. Betul sih, memulai bisnis dengan hal yang kita sukai akan membuat peluang sukses lebih tinggi. Soalnya yang menjalani juga hepi, dan ketika jatuh lebih semangat untuk bangkit lagi.

    BalasHapus
  14. Setujuu. Untuk memulai bisnis harus punya rencana yang matang yaa. Biar apa-apa yang ingin dilakukan untuk usahanya terencana dengan baik

    BalasHapus
  15. Wah aku juga punya buku ini mbak. Bagus bukunya ada ceklist2 nya kalo ga salah. Kepakai banget untuk yg mau buka usaha. Aku agak mikir soal produk atau jasa usaha yg mau aq buat, misal minatku di bidang X, tapi keilmuan ku di bidang Y. Mending pilih yg mana ya? Secara penguasaan ilmu jelas bidang Y. Tapi kalau ngomongin ga mudah menyerah, bisa jadi aku prefer bidang X

    BalasHapus