5 Buku Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya

Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang bukan? Tapi bagaimana caranya menghasilkan uang yang banyak, sementara bekerja pun masih butuh beberapa dekade untuk mencapai kebebasan finansial. Belum lagi, tekanan pekerjaan terkadang bikin kita stress. Bekerja bukannya happy malah jadi beban. 

Sebenarnya ada banyak buku yang bisa dijadikan motivasi untuk kamu yang ingin cepat kaya. Buku tentang memilih investasi yang tepat, buku tentang cara tepat memilih antara menjadi bos atau karyawan, caranya bisa bekerja sesuai passion, dan bahkan ada buku amalan dzikir untuk kemudahan rezeki. Dunia dikejar, akhirat juga dikejar, win-win solution.

Lima buku yang akan aku bahas sekarang akan mencakup semua itu. Seperti kata Gary John Bishop, buku sebagus apapun jika pembacanya tidak mempraktikkan apapun yang tertulis di buku itu, tetap akan percuma. Jadi di sini, aku akan bahas isi buku secara garis besarnya dan insight apa saja yang aku dapat dari masing-masing buku tersebut yang bisa langsung diterapkan dalam kehidupan nyata.

1. Step by Step Main Reksadana Untuk Pemula

Instrumen investasi itu memang bermacam-macam, ada deposito, emas, properti, saham, obligasi dan reksadana. Dari sekian banyak instrumen investasi, reksadana yang paling banyak dipilih pebisnis karena tingkat likuiditasnya yang tinggi.

Bagi yang belum tahu apa itu likuiditas. Likuiditas dalam pasar investasi mengacu pada seberapa cepat suatu aset dapat dijual tanpa mengubah harganya terlalu banyak atau menimbulkan biaya tinggi.

Contohnya properti, properti memiliki tingkat likuiditas rendah karena investasi jenis ini gak mungkin bisa terjual hanya dalam hitungan menit, apalagi jika nilainya besar. Tapi beda dengan deposito, cash di bank dan reksadana, investasi jenis ini bisa dicairkan kapan saja yang artinya tingkat likuiditasnya tinggi.

Jadi, di buku ini kamu akan mendapatkan ilmu tentang apa itu investasi, jenis-jenis investasi, dan barulah ke pengertian Reksadana, tujuan berinvestasi di Reksadana, dan detail caranya bermain Reksadana. 

Berikut dua insight besar yang aku dapatkan dari buku ini.

Apa itu Reksadana?

Secara singkat Reksadana adalah salah satu jenis investasi keuangan yang banyak digemari para pebisnis dan orang awam. Reksadana juga tidak memerlukan modal besar. Jika kamu punya uang 100rb, kamu sudah bisa membeli produk investasi di Reksadana seperti obligasi dan saham.

Jadi sebenarnya Reksadana itu apa? memang agak bingung karena Reksadana merupakan salah satu jenis investasi sama halnya dengan obligasi dan saham, tapi dalam Reksadana kamu juga bisa membeli obligasi dan saham.

Gampangnya, Reksadana merupakan sebuah wadah untuk mengumpulkan dana dari investor yang kemudian dana ini akan dipakai untuk membeli produk investasi. Untuk itulah, reksadana tidak memerlukan modal besar.

Cara Main Reksadana

Reksadana tidak harus ditunggui seperti trading saham pada umumnya, karena yang akan melakukan itu bukan kita tapi manager investasi yaitu perusahaan reksadana itu sendiri. Maka dari itu Reksadana cocok untuk kita yang baru mulai belajar tentang investasi karena resikonya rendah.

Pada awalnya, kita diharuskan mendaftar di salah satu manajer investasi terpercaya, setelah itu kita tinggal memilih produk investasi yang tersedia di Reksadana. Produk investasi yang ada di Reksadana disebut juga portofolio efek, yaitu ada Reksadana pasar uang, obligasi, dan saham.

Setelah memilih dengan memperhitungkan bunga dan hal lainnya, kamu bisa mulai berinvestasi. Ada yang bisa mulai berinvestasi dari 100rb bahkan ada yang bisa mulai berinvestasi dari 10rb. 

Hati-hatilah dalam memilih perusahaan reksadana sebelum kamu mau mulai berinvestasi. Pastikan perusahaan reksadana itu terdaftar di OJK. Kamu bisa mengeceknya di web official OJK.

2. Bos Atau Karyawan

Di awal bab kamu akan membaca penjelasan bahwa mimpi bagi banyak orang adalah hal yang wajar, dan semua orang boleh bermimpi. Mimpi atau cita-cita ini timbul juga karena lingkungan sekitar. Misalnya, anak yang bermimpi menjadi Presiden. Itu karena negara kita memiliki Presiden sebagai pemimpin negara. Kalau kita lahir di Brunei misalnya, tentu mimpi anak tadi tidak akan menjadi Presiden karena disana yang ada hanya Raja. 

Pilih Bos Atau Karyawan?

Kalau kamu mencari mana yang lebih baik dari dua pilihan tersebut dalam buku ini, kamu tidak akan menemukannya. Bos atau karyawan keduanya sama-sama bisa sukses, sama-sama punya tanggung jawab yang besar dan sama-sama punya kelebihan dan kekurangannya.

Dalam buku ini dijelaskan tentang bagaimana syarat menjadi bos atau karyawan yang sukses, kelebihan dan kekurangan dari keduanya, dan tanggung jawab dari keduanya.

Jika dibaca memang tidak ada pilihan yang lebih gampang atau yang lebih baik dan menguntungkan dari kedua pilihan ini. 

Bos punya tanggung jawab besar untuk memikirkan seluruh aspek perusahaannya dan soal uang tentu bos juga tidak bisa serta merta mengambil keuntungan dari perusahaannya karena harus memikirkan perkembangan perusahaannya, meski banyak dari kita tahu, uang dan aset yang bisa didapat dengan menjadi seorang bos tentu lebih banyak daripada karyawannya.

Karyawan pun punya tanggung jawab untuk memikirkan pekerjaan yang ditanggungkan kepadanya. Soal uang seorang karyawan punya kelebihan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya, tidak perlu memikirkan apa laba perusahaan sedang tinggi atau turun bulan ini, seorang karyawan akan tetap mendapatkan gaji yang sama dengan bulan sebelumnya. Tapi, jadi karyawan pun tidak menutup kemungkinan untuk menjadi sukses.  

3. My Passion, My Money

Dalam buku ini akan dijelaskan apa itu passion dan bagaimana seseorang akan mendapatkan uang dan bekerja dengan bahagia karena hal ini. 

Pemahaman tentang passion ini akan berlanjut dengan memahami passion diri sendiri dari beberapa jenis minat dan ciri-cirinya yang bisa kita pahami sembari mengenal diri.

Jika sudah memahami apa minat yang kita punya, barulah kita akan dihadapkan dengan pilihan "terikat atau tidak terikat". Maksudnya adalah kamu akan memilih kerja kantoran dengan jam kerja yang tetap atau memilih kerja freelance dengan jam kerja yang lebih fleksibel.

Di sini dijelaskan beberapa bentuk pekerjaan yang bisa kamu pilih dari yang kerja dengan jam kantor seperti tenaga pendidik, tenaga kesehatan, perbankan, jurnalis, editor, psikolog, pramugari bahkan notaris dan hakim. Lalu ada pilihan pekerjaan freelance seperti vlogger, blogger, gamer, pelukis, fotografi, bisnis jual beli sampai dengan MUA.

Semua ini bisa jadi acuan untuk kamu pilih sesuai dengan minat dan mungkin bakat yang kamu miliki.

4. Seni Melejitkan Income

Buku ini menjelaskan bahwa cara untuk menambah pundi-pundi uang ada dua cara, jadi karyawan atau jadi pebisnis. Bahkan kamu bisa pilih dua-duanya. 

Menjadi karyawan bergaji besar dengan jabatan mumpuni memang perlu sekolah tinggi dan biayanya tentu tidak murah, tapi jadi pebisnis, bahkan tidak pernah lulus sekolah juga bisa. Kuncinya kerja keras, jujur dan ulet.

Karyawan atau pebisnis sama-sama punya plus dan minus. Karyawan mungkin punya gaji tetap, tapi pebisnis bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dari karyawan. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi karyawan untuk menjadi pebisnis.

Bisnis itu bermacam-macam, ada yang bisnis berangkat dari hobi, seperti; fotografi, vlogger, penerjemah dan penulis. Dan ada juga bisnis yang memang punya business plan tersendiri, seperti bisnis kaki lima.

Selain penjelasan mengenai plus minus karyawan dan pebisnis juga beragam bisnis yang berangkat dari hobi. Ada pula penjelasan dan contoh bisnis usaha kaki lima, jasa, dan berdagang produk. Semuanya lengkap dengan perhitungan modal awal, penjualan, dan keuntungan. 

5. Menjemput Rezeki Dengan Sholat Pagi Dan Sedekah

Buku ini berisi ajakan untuk sholat pagi dan sedekah. Dengan menjelaskan keutamaan sholat pagi dan sedekah juga peringatan hukuman bagi yang lalai melaksanakannya, menjadi pengingat bagi para muslimin dan muslimah. 

Rezeki memang tidak hanya berupa harta benda saja, kesehatan, teman yang baik, anak-anak yang berbakti merupakan rezeki yang diturunkan oleh Allah Swt. 

Sedekah punya porsi banyak dalam buku ini. Penjelasan sedekah cukup rinci dimana sedekah memang diwajibkan bagi semua manusia. Sedekah harus memiliki niat karena Allah Swt. jika tidak, bisa saja muncul rasa riya' dan sedekah menjadi buruk karenanya. Sedekah pun tidak harus harta benda, senyum, tutur kata indah, dan air pun bisa jadi amal sedekah untuk kita. Tapi sedekah pasti diwajibkan bagi orang yang memiliki banyak harta benda.

Dijelaskan pula bahwa jika lalai sedekah, maka siksa neraka adalah ganjarannya. Tidak hanya itu, diterangkan pula bagi orang kikir bahwa kuburannya sempit dan diutusnya malaikat berwarna hitam dan seram dan siksa kubur menantinya.

Kesan Setelah Membaca Kelima Buku Ini

1. Step by Step Main Reksadana Untuk Pemula

Bukunya pas banget buat pemula. Penjelasannya singkat tapi sudah mencakup keseluruhan informasi yang dibutuhkan. Namun ada kekurangan karena sekarang manajer investasi reksadana sudah merambah ke aplikasi mobile, tapi bisa dipahami karena ini ditulis tahun 2014.

Ada cara perhitungan reksadana - sepertinya ini untuk pemodal besar, dan step by step bagaimana caranya membuka rekening reksadana di bank atau manajer investasi yang sifatnya office ya. 

Ada juga caranya melaporkan manajer investasi odong-odong. Ini perlu banget sih memang, tapi yang paling penting sebelum kamu berinvestasi kamu harus cek dulu perusahaan manajer investasimu di website resmi OJK.

2. Bos Atau Karyawan

Buku kedua yang aku baca ini menurutku pembahasannya agak berat. Tapi, isinya memang dipastikan bisa menambah pengetahuan dan pemahaman tentang kedua hal ini. 

Terkadang stigma masyarakat menganggap kita akan dipandang lebih sukses dengan menjadi seorang bos. Tapi, mungkin mereka lupa proses untuk menjadi bos yang sukses itu lebih rumit dan penuh tantangan daripada menjadi karyawan.

Membaca buku ini membantu aku memahami bagaimana menjadi bos dan karyawan yang baik agar mencapai satu tujuan yaitu 'sukses'.

3. My Passion, My Money

Buku ini lebih seru dari sebelumnya, aku lebih suka buku terbitan C-klik Media dengan layout yang asik seperti buku ini. Warna teksnya berwarna hitam dan merah, dan ada banyak ilustrasi lucu di setiap bab dan sub-babnya. Ditambah lagi ada sedikit dialog antara dua orang yang memilih bekerja kantoran dan freelance.

Pembahasan tentang apa itu passion, mengenal lebih dalam dirimu yang lebih suka ikatan dan kebebasan, lalu ada pilihan pekerjaan untuk jenis pekerjaan antara kantoran dan freelance. Kedua hal ini membantu aku memahami diri sendiri dan memahami langkah apa yang selanjutnya akan diambil.

Ada satu quote yang aku rasa cocok untuk direnungkan oleh siapa pun. 
"Sesuatu yang dikerjakan orang lain, belum tentu cocok untuk diri kita" - hal 39. 
Memang benar, jika kita hanya mengikuti jalan orang lain yang terlihat sukses tanpa menyadari apa minat kita sesuai dengan orang itu, bisa saja akan berujung kegagalan.

Sejauh ini aku cukup terbantu oleh buku ini, bekerja sesuai passion memang akan lebih menyenangkan karena kita tidak akan merasa terbebani. Setelah ini pun aku akan membuat planning jangka pendek setelah memilih diantara kedua jenis pekerjaan ini. 

4. Seni Melejitkan Income

Buku ini menurutku cocok banget buat dibaca kamu yang lagi pusing mencari ide untuk menambah isi dompet. Saran-saran yang ada di buku ini bisa kamu praktikkan langsung meski memang hasilnya tidak akan langsung terlihat. 

Seperti yang buku ini katakan, semua hasilnya tergantung kerja keras kamu.

Bahasa yang ringan membuat pembaca mudah mengerti apa yang ingin disampaikan penulis. Namun memang aku agak bingung dengan korelasi antara judul dan isinya. Bukan berarti tidak nyambung, hanya saja judulnya terlalu bikin pembaca penasaran.

Mengingat sekarang jamannya investasi, aku pikir ada pembahasan investasi, tapi ternyata sebatas karyawan dan pebisnis.

Buku ini jadi dapat nilai lebih karena ada contoh perhitungan kasar jika kita mau memulai suatu bisnis. Modal awal, target penjualan, hingga keuntungan diperhitungkan di sini. Aku tidak tahu apa ini relevan dengan kondisi di lapangan, tapi setidaknya untuk pemula gambaran ini sangat bermanfaat.

5. Menjemput Rezeki Dengan Sholat Pagi Dan Sedekah 

Buku ini sukses mendapat predikat 4 bintang dari sekian banyak buku yang aku baca dari penerbit Cemerlang Publishing dan C-klik Media. Buku ini sukses membuat aku mempertanyakan diri tentang apakah aku sudah melakukan sedekah dengan benar atau tidak. Kenapa aku bisa sering lalai bangun subuh untuk menunaikan shalat. Apakah diriku sudah tertutupi oleh hidayah-Nya atau aku seringkali terperdaya oleh muslihat iblis?

Semua hal yang dijelaskan dalam buku ini menjadi pelajaran berharga untuk berpikir kembali, apakah aku sudah menjadi manusia sebaik-baiknya atau belum?

Membaca bagian hukum orang yang melalaikan shalat dan sedekah sukses membuat bulu kuduk merinding dan berucap astagfirullah berkali-kali. Mempertanyakan pula, apakah aku layak masuk surga atau tidak karena banyaknya dosa-dosa yang semakin aku banyak membaca semakin aku banyak menyadari dosa-dosaku.

Penutup

Semoga salah satu dari buku ini bisa menjadi referensi kamu untuk mencari harta dunia dan juga harta akhirat (amal baik). Karena seperti yang disebutkan di buku terakhir, antara dunia dan akhirat haruslah seimbang. 

Seperti yang sering disebutkan, "Kejarlah duniamu seakan kamu hidup selamanya, dan kejarlah akhirat seakan kamu akan mati esok".

Artikel ini rilis bertepatan dengan bulan Ramadhan. Semoga di bulan penuh ampunan ini, segala dosa kita diampuni serta dilapangkan pula rezeki kita untuk kemudian hari.

Posting Komentar

0 Komentar