ChanelMuslim.com, Media untuk Meningkatkan Pengetahuan Parenting Islami

 

parenting islami chanelmuslim.com

Sudah jadi impian semua orang tua untuk melihat anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik, sholeh, mandiri dan punya pendirian kuat untuk menghadapi tuntutan zaman. Tapi, untuk itu, orang tua juga dituntut harus lebih banyak belajar tentang pola mendidik anak. Terutama bagi orang tua yang memang ingin mendidik anak-anak mereka dengan nilai-nilai islami yang kuat. Untungnya, berkat perkembangan teknologi dan internet, para orang tua bisa lebih mudah mencari sumber pendidikan yang kredibel dan relevan. 

Salah satu situs yang menyajikan beragam konten tentang parenting islami adalah ChanelMuslim.com. Dengan membaca artikel parenting islami yang disediakan situs ini, para orang tua bisa belajar dan kemudian menerapkannya dalam pola pengasuhan mereka.

Apa itu parenting islami?

Sebelum kita mengenal lebih lanjut apa saja yang ada di situs ChanelMuslim.com, kita harus tahu dulu, apa itu parenting islami. 

Parenting islami atau Islamic parenting merupakan pola pengasuhan orang tua dalam mendidik anak agar proses tumbuh kembang anak sesuai dengan ajaran Islam yang didasari Al-Qur’an dan sunah Rasulullah SAW. 

Gaya parenting ini memiliki tujuan agar anak bisa menjadi pribadi yang baik, pantang menyerah, dan mempunyai karakter juga akhlak yang mulia. Dengan harapan akan menjadi pondasi dasar agama yang kuat agar anak dapat memupuk diri dengan kebaikan sejak dini. 

Bagaimana pola pengasuhan anak menurut Islam?

Pada dasarnya, Islam mengajarkan dalam Al-Qur-an dan hadits bahwa orang tua memiliki tanggung jawab terhadap anak untuk memberi nafkah, merawat dan mendidik anak sesuai dengan syariat, menyayangi dan memberikan perlindungan sejak lahir hingga dewasa atau sudah mampu hidup mandiri. 

Namun, pada penerapannya, ada saja orang tua yang lalai hingga terjadilah kekerasan dan penganiayaan pada anak dan penelantaran anak. Hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan orang tua dalam penerapan konsep Islam tentang pengasuhan anak.

Berikut beberapa pola pengasuhan anak yang sesuai dengan syariat Islam.

  1. Berikan kasih sayang dan perhatian
  2. Berikan pembelajaran agama
  3. Menjadi teladan yang baik bagi anak
  4. Ajarkan kedisiplinan tanpa kekerasan
  5. Berikan pendidikan karakter sesuai syariat Islam
  6. Ajarkan berkomunikasi yang baik
  7. Ajarkan berdoa dan beribadah bersama

Mengapa harus parenting islami?

Dengan menerapkan parenting islami, akan ada banyak manfaat yang bisa orang tua dapatkan terutama mengenai pondasi agama. Berikut beberapa manfaat jika orang tua menerapkan parenting islami.

  1. Membentuk pondasi agama yang kokoh agar anak dapat tumbuh dengan pemahaman nilai-nilai islam yang baik dan menjadi individu dengan integritas dan moral yang kuat.
  2. Membentuk karakter anak yang baik melalui pendekatan islami agar anak bisa belajar tentang kebaikan, kesabaran, dan kejujuran, serta memahami prinsip-prinsip moral dalam agama Islam.
  3. Menciptakan ikatan yang kuat antar anggota keluarga dengan mengutamakan nilai-nilai kasih sayang, pengertian, dan saling mendukung dalam keluarga.
  4. Memberikan panduan yang jelas dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Seperti, menghadapi konflik, pengelolaan emosi, dan penyelesaian masalah.

Belajar parenting islami dari ChanelMuslim.com

Setelah kita mengetahui dasar-dasar parenting islami secara singkat, mulai dari pengertian, pola pengasuhan, dan manfaat pengasuhan islami, tentunya kita ingin mengetahui lebih lanjut tentang parenting islami dan penerapannya itu sendiri. Untungnya, ada situs khusus yang dibuat untuk pendidikan para orang tua muslim, yaitu ChanelMuslim.com.

Di sana, kita bisa membaca berbagai artikel parenting. Seperti, pola pengasuhan nabi, tips pengasuhan anak, tips pendidikan anak dari ustaz, dan berbagai artikel lainnya. Kita bisa mempelajari apa yang biasanya dilakukan para nabi dalam mengasuh anak-anak mereka, apa yang diucapkan nabi saat berkomunikasi untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak mereka, dan hal-hal lainnya. 

Kita juga bisa mencari jawaban terhadap keresahan-keresahan yang kita alami saat mengasuh anak, seperti apa yang harus dilakukan saat anak punya pacar, bagaimana mengatasi keresahan saat melepas anak ke pesantren, bagaimana caranya kita menjadi teladan bagi anak dan keresahan-keresahan lainnya.

Selain itu, ada juga artikel dengan topik pernikahan, pra-nikah, tumbuh kembang, lifestyle, khazanah, berita, bahkan ada topik konsultasi yang membahas tentang hukum dan syariah dalam Islam.

Tips mendidik anak dari Ustaz Maulana

Aku membaca satu artikel menarik dan merangkumnya dalam postingan kali ini. Bagi teman-teman yang ingin membaca artikelnya secara keseluruhan, bisa klik di sini ya. 

Dikutip dari ChanelMuslim.com, berikut adalah tips mendidik anak dari Ustaz Maulana.

  1. Kenalkan dan ajarkan membaca Al-Qur’an sedini mungkin
  2. Kenalkan terhadap 6 rukun iman
  3. Tanamkan pendidikan akhlak yang baik
  4. Ajarkan sholat 5 waktu
  5. Ajarkan untuk bermu’amalah
  6. Kenalkan dengan sejarah Islam
  7. Bangkitkan kreativitas dengan seni

Meningkatkan pengetahuan parenting islami dari situs ChanelMuslim.com bisa menjadi langkah bijak bagi kita yang ingin belajar lebih banyak tentang parenting yang sesuai dengan syariat Islam. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan inspirasi, informasi dan panduan dalam mendidik anak-anak dengan nilai-nilai islami. Dengan begitu, kita bisa tumbuh menjadi orang tua muslim yang bertanggung jawab dengan harapan bisa menciptakan generasi muslim yang taat dan tentunya bisa mendapatkan ridha dari Allah Swt. 

#BlogCompetitionChanelMuslimcom2023

Posting Komentar

0 Komentar