Pekerjaan Sampingan Setelah Jadi Ibu

pekerjaan sampingan setelah jadi ibu


Dulu tuh gak pernah nyangka kalau aku bakal jadi ibu rumah tangga sambil ngerjain kerjaan sampingan. Aku pikir tuh ya bakal berkarir aja gitu, tetap kerja kantoran. Tapi rupanya takdir berkata lain. Setelah bekerja kurang lebih 3 tahun di Jakarta Pusat, akhirnya memutuskan untuk "udah, aku jadi ibu rumah tangga aja lalu cari kerjaan sampingan". Dari situ, banyak banget sebenarnya kerjaan yang aku tekuni, mulai dari penerjemah komik, sampai ke asisten online yang "lu butuh apa gw bisa", palugada pokoknya. 

Nah, untuk cerita lengkap tentang pekerjaan sampingan setelah jadi ibu, aku akan mulai dari cerita saat resign.

1. Keputusan resign

Awal dari memutuskan untuk resign itu karena aku udah gak kuat bolak balik pakai KRL dari Parung ke Tanah Abang. Kalau yang biasa naik KRL pasti paham sumpeknya. Mungkin karena lagi hamil muda waktu itu, dan badanku jadi cepet drop. Akhirnya di kehamilan baru beberapa minggu itu, aku memutuskan untuk resign. Percayalah, ini bukan karena manja (memang ada sedikit manjanya sih), tapi karena tiap di KRL pulang sering hampir pingsan. Kepala pusing, mual, dan mata berkunang-kunang.

Meski begitu, di rumah aku pun gak diem sih. Aku mulai cari kerjaan sampingan, dari fiverr, upwork, dari mana-mana deh pokoknya. Untungnya masih ada rezeki, aku selalu dapat orderan kerja dari Fiverr. Lumayan lah, waktu itu gaji per bulan bisa sampai 1jt-an.

2. Bekerja setelah melahirkan

Jangan dipikir setelah melahirkan aku ongkang-ongkang kaki di rumah ya, tidak saudara. Aku tetap bekerja karena aku sudah punya klien tetap. Tentu saja, kerjaan mulai berkurang, karena aku kan harus fokus ngurusin bayi juga. Untugnya kan bayi aktifitasnya lebih banyak tidur, jadi aku masih bisa santai buat ngerjain kerjaan aku itu. Jadi ya udah deh, aku terusin kerjaan sampingan aku itu. Kalau ada yang bilang "tega" karena lebih mementingkan kerjaan, percayalah, gak punya duit itu lebih menyiksa.

3. Pekerjaan setelah jadi ibu

Anak udah mulai gede, aktivitas udah mulai banyak, udah gak bisa lagi nge-handle klien lebih banyak. Anak kan harus diawasi terus karena dia udah mulai ngerangkak, berjalan, dan udah mulai aktif banget buat eksplor sekitarnya. Kerjaan sampingannya gimana? Udah mulai nih dikurangi, mulai fokus ke beberapa klien loyal aja dan fokus kesitu. Udah gak sanggup buat nambah beban kerja.

4. Pekerjaan yang cocok untuk ibu

Bukan berarti aku gak riset pekerjaan apa aja yang cocok buat ibu rumah tangga ya. Waah banyak banget risetnya dan hampir tiap hari riset! Selain dari ambil kerjaan sampingan kayak aku ini, aku juga nemuin beberapa ide pekerjaan yang cocok buat ibu rumah tangga dan beberapa pernah aku lakuin juga.

1. Content creator

Kalau kamu orangnya anak sosmed banget, mending coba deh jadi content creator. Sekarang tuh banyak banget lho ibu yang ngontenin anaknya. Jadinya ya bisa bikin youtube vlog anak-anak, atau bikin konten sosmed tentang parenting. Ibarat kata bisa belajar ilmu parenting sekaligus ngonten gitu. Aku juga sempet aktif jadi content creator di youtube dan instagram, tapi niche kontennya review buku, alasannya karena hobi baca buku. 

2. Jualan

Kalau senang sama aktivitas jual beli, coba aja mulai jualan. Banyak banget ibu rumah tangga yang bisa mendulang kesuksesan dari jualan. Seperti tetanggaku, hobi nyemil dia jualan cemilan, hobi bikin kue dia jualan kue, hobi masak dia bikin catering harian. Apalagi ditambah sekarang udah lebih mudah jualan dengan marketplace, makin luas pasarnya. Aku pun pernah jualan minuman. Jadi aku beli franchise minuman murah, dan mulai jualan mengandalkan aplikasi pesan antar. Hasilnya ya lumayan.

3. Penulis

Kalau kamu suka dengan aktivitas menulis, coba deh mulai menulis. Bisa menulis artikel (kayak yang aku lakuin sekarang), bisa menulis cerita fiksi, puisi atau motivasi juga. Banyak juga kok yang bisa sukses hanya dengan modal nulis ini. Kalau aku pernah dapet uang dari nulis itu pas dapet orderan buat bikin review produk dari suatu brand. Meski gak banyak, tapi lumayan buat jajan seblak. Kamu juga bisa nyoba-nyoba buat ikut lomba menulis. Kalau menang, hadiahnya lumayan lho.

4. Tutor online

Sekarang kan jamannya segala online nih, kalau ada pengalaman mengajar wajib dicoba jadi tutor online. Selain bisa nambah rekam jejak kamu dalam mengajar, kamu juga bisa dapat penghasilan. Kalau aku sih skip yang ini, soalnya gak ada passion buat ngajar. Hehe.

5. Freelancer

Ini nih pekerjaan sampingan yang aku geluti sekarang, sebagai freelancer. Freelancer itu sebenarnya gak beda jauh sama pekerja kantoran, bedanya bisa nentuin jam kerja dan bekerja dari mana aja. Kamu juga bisa pilih pekerjaan sesuai dengan keahlian kamu. Kalau aku kan ahlinya di nulis nih sekarang, makanya sekarang perusahaan baru tuh banyak ngerekrut aku untuk menjadi penulis. Entah itu menulis blog, menulis script, atau menulis caption sosmed. 

Nah jadi itu dia sedikit cerita singkat tentang pekerjaan sampingan setelah aku jadi ibu. Memang banyak kendalanya, karena kita gak bisa 100% fokus ke pekerjaan kita. Tapi, kita tidak boleh menyerah dan terus bergantung sama suami. Setidaknya kita harus punya sedikit uang yang bisa kita hasilkan sendiri. Untuk kamu yang lagi berjuang untuk punya penghasilan sendiri, semangat ya. Semoga usahanya dilancarkan.

Baca juga :

Posting Komentar

0 Komentar