Mencoba Teknik Podomoro agar Lebih Fokus Bekerja Tanpa Distraksi

 

Mencoba Teknik Podomoro agar Lebih Fokus Bekerja Tanpa Distraksi

Kali ini aku mau share pengalaman aku dalam mencoba teknik podomoro agar lebih fokus bekerja tanpa distraksi dari handphone dan sosial media. 

Teknik ini pertama kali aku lihat dari sebuah postingan instagram penulis konten dan aku tertarik untuk mencobanya. 

Setelah dibaca ternyata caranya simple banget. Kamu hanya perlu fokus selama 25 menit dan 5 menit untuk istirahat. Simple, kan!? Tapi terkadang ada aja distraksinya.

Nah, di sini aku mau membagikan sedikit pengalaman sekaligus tips bagaimana caranya untuk menerapkan teknik podomoro ini.

Persiapan Mencoba Menerapkan Teknik Podomoro

Bagi ibu rumah tangga dengan status pekerja WFA (Work From Anywhere), merupakan tantangan tersendiri untuk tetap fokus pada pekerjaan. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya serangan distraksi yang bertubi-tubi (Haha, mohon maaf agak lebay). 

Distraksi yang sering menyerang biasanya anak yang rewel dan kondisi rumah yang berantakan. Kalau anak, yah, gak usah dibahas lagi lah ya. Tapi kalau rumah, rasanya kalau melihat rumah berantakan itu langsung ingin beres-beres, bener gak?. Kalau di sini ada yang ibu rumah tangga pekerja WFA, pasti relate deh.

Nah, di bawah ini aku mau membagikan persiapan aku sebelum mencoba menerapkan teknik podomoro ini.

1. Bangun lebih awal

Bangun lebih awal menjadi persiapan pertama agar kita bisa memiliki waktu lebih banyak. Ibu rumah tangga, biasanya harus beres-beres dulu sebelum bisa memulai pekerjaan lainnya. 

Untuk itulah fungsinya bangun lebih awal agar kita bisa mengatur waktu lebih leluasa juga.

2. Bersih-bersih rumah secepat kilat

Ibu rumah tangga kalau urusan bersih-bersih rumah udah bisa mengeluarkan jurus kayak flash, haha.

Patok waktu untuk bersih-bersih seluruh area rumah, bisa 1 jam atau 2 jam tergantung banyaknya pekerjaan yang harus kamu lakukan.

3. Siapkan lokasi kerja

Waktunya menyiapkan lokasi tempat kamu bekerja. Siapkan laptop, botol minum, snack dan kabel listrik agar kamu tidak beranjak selama bekerja nantinya. 

Kalau kamu memiliki catatan to do list, jangan lupa untuk disiapkan juga.

4. Siapkan timer

Terakhir, siapkan timer. Tidak perlu membeli timer khusus, bisa gunakan handphone atau smartwatch kamu yang memiliki fitur pengatur waktu.

Menerapkan Teknik Podomoro 25/5

Teknik Podomoro 25/5 maksudnya adalah 25 menit bekerja dan 5 menit istirahat. Aku menulisnya seperti itu agar terbaca lebih singkat saja.

Untuk cara penerapannya sendiri, sangat mudah. Yang terpenting adalah, tahan distraksi.

1. Atur timer ke 25 menit

Pertama, kamu bisa atur timer atau pengatur waktu di HP atau jam pintar kamu menjadi 25 menit. Tekan mulai, dan kamu bisa langsung fokus bekerja. 

Tetapkan pandangan pada layar laptop kamu (jika kamu bekerja dengan laptop), dan jangan melirik HP sampai timer berbunyi.

2. Istirahat 5 menit

Setelah bekerja selama 25 menit, kamu boleh beristirahat selama 5 menit. Gunakan waktu 5 menit ini untuk minum air putih, makan cemilan atau minum kopi.

3. Istirahat 15-20 menit setelah 4x25

Maksud dari istirahat 15-20 menit setelah 4x25 adalah kamu boleh beristirahat selama 15-20 menit setelah melakukan 4 kali putaran 25 menit.

Pada istirahat kali ini, kamu bisa gunakan waktu istirahat untuk makan, meregangkan tubuh, mengecek sosial media atau aktivitas lainnya yang membutuhkan waktu lebih lama

Jadi itulah caranya jika kamu ingin mencoba teknik podomoro agar lebih fokus bekerja tanpa distraksi. Semoga artikel ini bisa membantu kamu, dan semangat bekerja.

Posting Komentar

0 Komentar