Review Novel Horror Setan-Setan Menggugat Karya Kisah Tanah Jawa

Halo Teman Buku semuanya...

Setan-setan menggugat merupakan buku lanjutan dari Sihir Mesir Di Tanah Jawa. Di buku ini kamu akan menemukan kebusukan para pemimpin pribumi yang dibuka melalui buku ini. Buku ini seolah membuka cerita lama yang selama ini disimpan rapat-rapat!

Sinopsis Novel Setan-Setan Menggugat

Sipong merupakan seorang jawara, jagal kondang dan pemimpin kelompok ternama bernama Jayengsekar. Dia merencanakan pemberontakan terhadap bupati Grisse. 

Sejujurnya, meski Sipong pada awalnya selalu melaksanakan semua perintah dari bupati Grisse, dia tetap tidak tahan melihat rakyatnya sengsara karena harus bekerja rodi membangun jalan raya pos. Para pekerja itu, bekerja tanpa istirahat, tanpa makan dan minum dan tanpa upah sedikitpun.

Namun, pemberontakan Sipong malah mengantarkan takdir buruk bagi dirinya dan juga rakyat yang dia bela. 

Review Novel Setan-Setan Menggugat

1. Lanjutan Sihir Mesir Di Tanah Jawa

Setan-setan menggugat - seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya - merupakan lanjutan dari buku Sihir Mesir Di Tanah Jawa. Sihir Mesir di Tanah Jawa membahas peristiwa di bagian barat pulau Jawa sedangkan Setan-Setan Menggugat membahas peristiwa di timur pulau Jawa.

2. Terkait sejarah pembantaian massal

Jika kamu korek lagi sejarah di tahun 1809. Pada saat itu ada pembantaian massal akibat pembangunan jalan raya pos. Tapi detail peristiwanya sangat berbeda dengan yang ditulis di buku. 

Seolah membenarkan pepatah yang mengatakan "sejarah ditulis oleh para pemenang", sejarah yang ditulis justru tetap menyudutkan pihak kompeni dan kesalahan dilimpahkan kepada gubernur jenderal saat itu, Daendels.

Di buku ini kamu akan mendapatkan untold story dari peristiwa tersebut.

3. Hubungan judul dan isi buku

Mungkin ada teman-teman yang bertanya, apa sih hubungan judul dengan isi buku. Aku di sini tidak bisa menceritakan secara detail, tapi yang jelas tentu ada hubungannya. Dan hal itu merupakan salah satu alasan terjadinya pembantaian massal.

4. Ilustrasi dalam buku

Seperti ilustrasi pada buku Kisah Tanah Jawa pada umumnya. Kualitasnya tentu sudah tidak bisa diragukan lagi. Sudah pasti cakep.

5. Alur cerita

Untuk buku yang ini, alur cerita dibuat maju mundur. Awalnya sempet bingung karena tidak ada keterangan waktu tapi tetap masih bisa diikuti.

Aku rekomendasikan buku ini untuk kamu yang suka fiksi sejarah tapi juga suka membaca novel horror kayak aku. 

Terima kasih sudah membaca, jika kamu perlu sesuatu seperti tawaran kerjasama, jasa content writer murah, bisa menghubungi email di nurhayati.irma20@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Keren ni. Aku pingin baca... Sebenarnya, aku lumayan suka sama cerita-cerita begini. Sambil membayangkan hidup di masa yang sama dalam cerita.

    BalasHapus
  2. Judul novelnya menarik sekali Kak. Jadi apakah Sipong dan rakyat yang ia bela adalah salah satu korban pembangunan jalan raya pos itu? Dan bukankah memang kekejaman Daendels yang menyebabkan sejarah buruk terkait pembangunan jalan itu? Duh, penasaran.

    BalasHapus
  3. wah penasaran banget sama review-nya kak, itu di Jawa Timur bukan setting-nya kak? Jawa Timur memang masih kental sihirnya

    BalasHapus
  4. sya suka bgt review cerita2 horror dan kebetulan nemu review yg keren nih dari blog ini, tentang Novel Indonesia berjudul "setan-setan menggugat", tapi ternyata novelnya lebih banyak menyajikan kisah-kisah pilu masa lampau di tanah jawa..

    BalasHapus
  5. Belum pernah kalau baca tulisan horor, tapi artikel ini bikin tertarik buat baca bukunya KTJ. Boleh juga nih dicoba

    BalasHapus
  6. Takut tapi penasaran juga aku sama serial novel Kisah Tanah Jawa. Apalagi berhubungan erat sama histori masa lalu jadi bikin penasaran sebenernya kejadiannya itu kayak gimana..

    BalasHapus