Novel Dunia Fashion, Review Buku Tanggalkan Pakaianmu

 

review buku tanggalkan pakaianmu

Kalau kamu tertarik dengan dunia fashion, buku ini pasti cocok untuk kamu baca.

Halo semuanya! Kali ini aku mau review buku dari mba Ecka Pramita, dengan judul lengkap "Tanggalkan Pakaianmu, karena pakaian tidak hanya baju". Dari judulnya saja udah menarik kan? Dan buku ini mengangkat tentang seluk beluk dunia fashion.

Sebelum ke reviewnya, aku mau cerita sedikit soal penulisnya dulu. 

Mba Ecka Pramitha merupakan jurnalis fashion di CANTIKA.COM, familiar gak kalian!? Dan buku ini merupakan buku kesekian yang sudah dia tulis. Di Instagram aku pernah bilang "dia baru nulis buku" mohon maaf yak, aku gak tahu kalau mba Ecka sudah se-ahli ini dalam kepenulisan. Aku baru tahu setelah baca profil penulis di belakang buku ini.

Oke, kalau gitu, sebelum ke reviewnya, kita lanjut ke sinopsisnya dulu.

Sinopsis Buku Tanggalkan Pakaianmu

cover buku tanggalkan pakaianmu

V.E. atau Varsha Eila merupakan seorang desainer lokal yang punya ciri khas warna basic dan monokrom dengan bagian leher membentuk huruf V di setiap rancangannya.

V.E. menuliskan cerita kehidupannya sehari-hari ke dalam sebuah diari yang tentu saja masih seputar dunia fashion dan lika likunya. 

Berbagai drama, per-julid-an, pengkhiantaran, dan macam-macam masalah yang terjadi selama dia berkarir di dunia fashion, dia tuangkan dalam diari-nya.

Meskipun sudah menghadapi berbagai masalah di dunia fashion yang jelas tidak ringan, V.E. tidak pernah melepaskan mimpinya untuk menjadi desainer sukses. 

Review Buku Tanggalkan Pakaianmu

isi buku tanggalkan pakaianmu

Berikutnya, kita akan ke review buku "Tanggalkan Pakaianmu".

Sekilas mungkin kamu akan menerka bahwa buku ini punya kesan yang ekstrem berkat judulnya, tapi setelah dibaca ya gak ada unsur ekstremnya sama sekali. Bener-bener "pure" tentang fashion. 

Karena aku bukan orang yang maniak fashion, jujur, semua yang ada di buku ini termasuk baru buat aku. Bahkan, untuk mencerna isi buku ini dan menulis reviewnya, butuh waktu yang lumayan lama.

Buku Fiksi yang Bukan Fiksi

isi buku tanggalkan pakaianmu

Aku sudah konfirmasi ke mba Ecka sendiri tentang genre buku ini. Intinya, buku ini fiksi atau bukan sih? Karakternya nyata atau fiksi sih? Dan jawaban mba Ecka adalah "Karakternya fiksi, tapi ceritanya 'based on true event'". Seketika aku bergumam, 'ohh, oke aku paham sekarang'. Jadi aku melabeli buku ini sebagai buku fiksi yang bukan fiksi, gak usah bingung lah ya, istilah aku doang ini mah.

Jadi, karakter V.E. ini sengaja dibuat untuk merepresentasikan cerita dunia fashion agar lebih ngena di berbagai kalangan pembaca. Terlebih yang tidak mengikuti dunia fashion, kayak aku. 

Kalau kalian ngikutin perkembangan dunia fashion, pasti kalian bakal paham dan nganguk-ngangguk di setiap bab ceritanya. Masalahnya aku gak ngikutin, jadi aku hanya ambil intinya aja. 

Insight Fashion dari Buku

isi buku tanggalkan pakaianmu

Sesuai yang aku bilang di awal, buku ini memang punya karakter fiksi, tapi isinya "based on true event", ditambah dengan penjelasan V.E. sebagai expert. Jadi berasa kayak baca buku non fiksi soal fashion dan gaya.

Kamu akan menemukan beberapa insight seperti bedanya gaya fashion kue, bumi, mamba. Terus ada juga soal street style, fast fashion, tips fashion, penjelasan berbagai gaya fashion, dan banyak tips fashion berguna lainnya.

Selain itu juga ada insight tentang berbagai brand ternama, event fashion week, dan kolaborasi antar brand besar.

Kelebihan Buku Tanggalkan Pakaianmu

Agar lebih memudahkan, aku membuat kelebihan buku ini ke dalam poin-poin.

  • Berbentuk diari/catatan harian sehingga mudah dicerna meski oleh pemula
  • Ceritanya ringan dengan bahasa yang friendly
  • Cerita tentang dunia fashion beserta berbagai drama di dalamnya
  • Cerita mengalir serasa membaca diari online
  • Berbagai insight menarik tentang dunia fashion
  • Tips gaya outfit dan penjelasannya
  • Membuat pembaca secara tidak langsung memahami fashion dan gaya fashion yang akan diambil sebagai identitas diri
  • Terdapat glossary

Kekurangan Buku Tanggalkan Pakaianmu

Setelah sekian banyak kelebihan isi buku ini, aku gak menemukan kekurangan dari buku ini. Buku ini terlalu apik buat aku. Mungkin karena yang nulis berprofesi sebagai jurnalis, dan memang mba Ecka ini juga udah banyak nerbitin buku, jadinya enak aja gitu pas bacanya.

Dimana Kalau Mau Beli Tanggalkan Pakaianmu?

ecka pramitha instagram

Untuk kamu yang tertarik dengan buku ini, langsung saja kontak ke orangnya langsung melalui dm Instagram di @ecka_pramitha

Nah, jadi segitu aja review buku kali ini. Buku yang tentang fashion yang sangat menarik dan penuh insight ini layak banget buat dibaca oleh semua kalangan, apalagi kalau kamu tertarik dengan dunia fashion. 

Thank you buat kalian yang udah baca, dan see you di review selanjutnya.



Baca juga :

Posting Komentar

0 Komentar