Membaca Buku Bisa Mengurangi Stress? Simak Penjelasannya!

membaca buku bisa mengurangi stress

Jika kamu mengikuti para influencer buku, mereka akan mengatakan bahwa buku menjadi salah satu cara bagi mereka untuk mengurangi stress.

Tapi memang bagaimana cara buku bisa mengurangi stress kita? Bukankah membaca buku bisa bikin mengantuk? Bukankah akan bosan membaca buku apalagi jika kita tidak terbiasa membaca?

Semua pertanyaan itu pastinya akan terlintas di pikiran kalian saat membaca judul blog ini. Tapi selama 3 tahun aku mencoba mencintai buku dan sampai membuat blog tentang buku seperti sekarang, memang buku bisa membuat stress kita berkurang dengan caranya sendiri.

Berikut ini bagaimana membaca buku bisa mengurangi stress dengan beberapa cara uniknya;

1. Pelarian dari Realitas

Cara pertama buku mengurangi stress kita adalah dengan menjadi pelarian dari realitas.

Saat kita membaca buku, seringkali kita terhanyut dengan alur cerita yang dibuat penulis. Dengan begitu, secara tidak langsung kita memberikan jeda kepada diri sendiri untuk berhenti memikirkan kekhawatiran dan tekanan sehari-hari.

2. Menenangkan Pikiran

Membaca bisa menenangkan pikiran kita, dan hal ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi stress yang kita hadapi hari ini.

Kegiatan membaca memang membutuhkan konsentrasi dan perhatian, dan hal inilah yang membuat kegiatan membaca bisa membantu menenangkan pikiran.

Pada dasarnya, kegiatan membaca mirip dengan meditasi, dimana mengharuskan kita untuk fokus pada satu hal dan membiarkan pikiran kita tenang.

3. Meningkatkan Mood

Buku juga bisa meningkatkan mood. Hal ini biasanya tergantung dari genre buku yang kamu baca.

Kamu bisa dibuat merasa lebih bahagia, terinspirasi bahkan terhibur dan tertawa hanya dengan membaca buku. Semua itu bisa membantu kamu meningkatkan mood.

4. Membantu Tidur

Sudah tidak asing di telinga kita tentang membaca yang bisa membantu tidur dan sudah hal itu sudah terbukti adanya. 

Dengan membaca buku, kita dapat membantu mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk tidur. Hal ini dikarenakan membaca dapat mengurangi stress dan kecemasan yang seringkali menjadi penghalang utama kesulitan tidur.

5. Mengurangi Kecemasan

Seperti yang sudah sering disebutkan, membaca buku bisa mengurangi kecemasan kita. Kamu bisa membaca buku yang berisi tentang kisah-kisah inspiratif atau novel yang mirip dengan apa yang kamu alami saat ini.

Dengan membaca kisah orang lain yang mirip dengan kamu, kisah tersebut bisa memberi kita pandangan baru dan membantu mengurangi kecemasan. Bahkan beberapa orang bisa terbantu dalam menemukan solusi hanya dengan membaca buku.

Jadi itulah cara-cara bagaimana membaca buku bisa mengurangi stress. Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya memilih bacaan yang tepat, kamu bisa cek di artikelku tentang memilih buku untuk pemula.

Posting Komentar

0 Komentar