Kenapa Nulis Di Blog?

 

Stories : Kenapa Nulis Di Blog?

Hai hai semuanya!

Kalau lagi mau share cerita pengalaman pribadi kayak gini agak bingung mau menyapa pakai panggilan apa. Hehe. Ah, sudahlah ya, yang penting I love you all karena udah menyempatkan membaca postingan aku. 

Jadi hari ini aku mau bercerita kenapa nulis di blog?

Awal mula muncul ide menulis

Jadi dulu itu aku pengangguran. Seperti biasanya, yang namanya ibu rumah tangga, anak masih bayi, masih belum banyak kegiatannya jadi sering merasa bosan di rumah. Apalagi kalau lagi gak ada kerjaan freelance. Di rumah itu, pasti amat sangat bosan. Makanya, tiba-tiba tercetuslah ide untuk membuat blog dan ingin nambah-nambahin kerjaan sehari-hari.

Memang alasan yang bisa bikin orang pengen ngejitak sih, tapi memang begitulah adanya. 

Mulai membuat blog di Wordpress

Setelah tercetus ide, mulailah aku nanya-nanya ke kakak sepupu, dan waktu itu dibantu untuk penggunaan hosting di Wordpress dan aku mulailah bikin blog di Wordpress. 

Sebenarnya aku sudah punya blog sendiri di platform Blogger, tapi kakak sepupu menawarkan diri untuk membuatkan blog dan jadilah aku kembali memulai dari awal. 

Aku langsung membuat postingan review buku dari buku-buku yang sudah aku baca. Postingan awal yang aku publish waktu itu seingatku adalah review buku Kisah Tanah Jawa. Dan dari situlah aktivitas nulis blog ini dimulai dengan niche yang masih idealis. Review buku.

Setahun kemudian, ternyata Wordpress tiba-tiba tidak aktif setelah sekitar 2-3 bulan gak aku buka. Ya biasalah mulai ada kerjaan freelance jadi aktifitas menyibukkan diri dengan blog agak terbengkalai. Mulai panik nih. Tapi yang namanya si Irma yang semi perfeksionis ini tidak ingin kalah dengan keadaan. Mulailah membuat blog dan memindahkan domain ke blogger. Meski memang mau tidak mau harus membangun kembali dari awal. 

Tapi meski begitu, banyak hal yang aku dapat dari menulis blog.

Baca juga : Hal Tersulit Dalam Melakukan Apapun Adalah Memulainya

Apa yang aku dapat dari menulis blog?

Seperti yang aku bilang, aku ini semi perfeksionis meskipun alasan awal untuk membuat blog ini adalah nambahin kerjaan. Tapi yang namanya udah cape ngetik, terus pas di posting ternyata gak ada yang baca pasti kesel dong ya. Makanya itu aku mulai cari tahu nih bagaimana caranya agar postingan blog kita dibaca orang.

Aku mulai cari-cari artikel SEO, ikut webinar SEO, baca-baca artikel orang tentang menulis postingan blog yang bagus, dan lain sebagainya. Jadi pada akhirnya, aku mulai memahami bagaimana artikel yang bagus dan sesuai dengan SEO.

Selain itu, blog yang aku buat secara tidak langsung menjadi sebuah portofolio online. Ini bukan bohongan. Karena kemarin saat aku diterima bekerja sebagai content writer di tongbos, si bos tongbos ini melihat blog aku sebagai pertimbangan untuk menerima aku bekerja di perusahaannya. 

Karena blog sudah ada, ilmu dasar SEO juga sudah ada, brand pun mulai melirik blog aku nih. Ada beberapa brand yang memang mencari micro influencer untuk pengembangan brandnya. Mereka melihat blog aku, ngontak aku di email, dan aku pun dapat kesempatan untuk mereview produknya.

Kalian tahu gak kalau setiap website itu punya nilai DA dan PA. Semakin tua dan semakin aktif blog kamu, DA dan PA ini akan meningkat seiring waktu. Hal ini bisa jadi nilai tambah ketika kamu mendaftarkan diri dan website kamu di website freelancer. Sejauh ini juga aku sudah mendapat beberapa klien dengan jasa content placement dan secara otomatis kita mendapat bayaran. Yah, meski tidak banyak, tapi bagi pemula, pengalaman dan portofolio lebih utama.

Kesimpulan 

Kenapa nulis di blog? 
Menambah kerjaan sehari-hari agar tidak bosan.

Apa yang bisa didapat dari menulis di blog?
  • Pemahaman penggunaan paltform blog (Blogger dan Wordpress)
  • Pemahaman tentang SEO 
  • Blog menjadi portofolio online
  • Dilirik brand dan diminta review produk
  • Mendapatkan pekerjaan full-time dan part-time sebagai content writer
Next-nya, aku share apalagi ini?

Terima kasih sudah membaca, jika kamu perlu sesuatu seperti tawaran kerjasama, jasa content writer murah, bisa menghubungi email di nurhayati.irma20@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. setuju kalau blog juga bisa dijadikan portofolio. Karena ada juga beberapa perusahaan yang meminta history penulisan kita.
    untuk SEO aku sendiri juga masih belajar sampe sekarang, nggak pro banget soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak kalau soal SEO aku juga masih belajar, masih sering ikut webinar, dll. Setidaknya kita sudah tahu artikel yang bagus itu seperti apa.

      Hapus
  2. Semangat mbk ngeblognya. Kalau aq pribadi tertarik membuat blog karena memang ingin bisa menghasilkan uang dari internet. Saat itu kira kira sekitar th 2012 an lah pernah lihat postingan temen facebook yang bisa dapat 10 jutaan dari google adsense di blognya. Maka sejak saat itu mulai nulis dan belajar seo secara otodidak.

    Sampai akhirnya pernah gaian rutin dari adsense, pernah di banned adsense, pernah juga jual akun adsense dan jual blog. lumayan cukup merasakan asam manis menghasilkan uang dari blog. dan sekarang baru mau mulai lagi dengan membuat blog baru dan juga jadi content writer di salah satu blog teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah thank you ya udah sharing. Sebenarnya aku lagi ngerasa demotivasi akhir-akhir ini dan masih struggle untuk memulai kembali. Baca cerita mas/mbk jadi sedikit menyembuhkan sindrom demotivasi saya ini.

      Sekali lagi, terima kasih. Semoga saya bisa seperti itu ya kedepannya. Saya juga pengennya punya penghasilan dari blog. Kerja full-time remote atau on-site keduanya sama-sama melelahkan.

      Hapus