Review Buku Steal Like An Artist - Austin Kleon, Cara Mencuri Seperti Seniman

Review Buku Steal Like An Artist - Austin Kleon, Cara Mencuri Seperti Seniman

Salah satu buku yang banyak diapresiasi orang tentang tips dan trik untuk menjadi orang yang kreatif adalah Steal Like An Artist karya Austin Kleon.

Pernah gak sih kalau lagi nikmatin sebuah konten, entah itu konten di Youtube, Instagram atau TikTok, kamu ngerasa “kayaknya gw pernah lihat konten kayak gini deh, tapi dimana ya?”. Itulah yang ditegaskan dari buku ini. Om Kleon bilang, kalau dibalik setiap karya seni hebat pasti ada karya seni hebat lainnya. Dan itulah yang jadi esensi “Steal Like An Artist”.

buku steal like an artist

Oke, aku akan langsung aja ke bahasan 10 hal yang tidak diceritakan siapapun tentang kreativitas.

1. Tidak ada karya seni yang benar-benar original

steal like an artist - tidak ada karya seni original

Seorang penulis Jonathan Lethem mengatakan “sembilan dari sepuluh orang yang menyebut suatu hal adalah “orisinal”, biasanya tidak tahu rujukan atau sumber aslinya”. Intinya tidak ada karya yang benar-benar original, pasti ada sumber inspirasi sebelumnya yang menjadikan karya itu diciptakan.

Kalau kita analogikan dengan genetika manusia, gen seorang anak itu merupakan perpaduan dari gen ibu dan ayah. Tapi meskipun perpaduan dari keduanya, gen anak tetap unik. Jadi, ciri fisik mirip, tapi karakter anak akan lebih banyak. Karya seni itu kurang lebih kayak gitu.

Jadi, untuk membuat sebuah karya, yang perlu kamu lakukan adalah membuat silsilah ide sendiri. Kamu bisa mulai dengan menemukan panutan yang tepat dan ambil ide dari karya mereka.

2. Mulailah meniru

pohon karya atau pohon referensi steal like an artist

Band The Beatles yang kita kenal, dulunya juga meng-cover lagu band lain. Lalu, mereka mulai bikin lagu dengan menggabungkan semua sumber inspirasi. Kayak, Buddy Holly, Little Richard, Jerry Lee Lewis, dan Elvis. Dan ini tuh yang ngomong Paul McCartney ya.

Jadi meniru disini bukan berarti plagiat. Meniru di sini adalah dengan memahami karya yang akan kita ambil idenya, ambil inspirasi dari banyak idola, lalu gabungkan dan modifikasi, dan jangan lupa juga buat cantumkan sumber.

Biasanya yang selalu mencantumkan sumber itu sih karya tulis non fiksi ya, tapi klo kayak karya seni musik, novel fiksi, biasanya istilahnya “terinspirasi dari…”. Kurang lebih begitu.

3. Buat karya yang kamu suka

curian bagus vs curian buruk steal like an artist

Intinya adalah bukan membuat karya yang kamu tahu, tapi karya yang kamu suka. Dengan begini kamu bisa mendapatkan dorongan untuk produktif.

Kalo kamu udah suka terhadap suatu hal, kamu akan mencari tahu, membuat konten dari situ dan akan terus mencari tahu lalu membuat konten lagi, dan begitu seterusnya.

4. Jauhkan elektronik

Meski agak susah di era digital seperti sekarang, tapi membuat karya secara manual akan lebih terasa. Maksudnya gini, kamu bisa mulai dengan menuliskan ide di buku, lalu kembangkan menjadi ide yang panjang di laptop.

5. Jangan abaikan hobi dan proyek sampinganmu

fase dalam suatu proyek steal like an artist

Kamu harus mulai berlatih menunda yang produktif. Caranya gimana sih? Caranya adalah dengan tidak mengabaikan hobi dan proyek sampingan. Terkadang proyek sampingan justru yang sesungguhnya berpotensi.

Jadi gini, kalau lagi jenuh, biasanya otak mandek kan. Daripada pusing mikirin ide yang gak pernah dateng, mending tunda dulu dan lakukan hal lain. Misalnya hobi atau proyek sampingan. Kamu juga bisa ambil waktu bersantai, kayak jalan-jalan atau melakukan pekerjaan rumah.

Terkadang, ide itu bisa tiba-tiba muncul saat kamu lagi jalan-jalan, atau bahkan lagi nyetrika,lho.

6. Bagikan karya kamu untuk dikenal, tapi nikmati saat kamu tidak terkenal

fase membuat suatu karya jadi menarik

Memang banyak yang ingin merasakan ketenaran dari sebuah karya yang mereka buat. Tapi om Kleon justru menyarankan agar kita menikmati masa-masa ketika kita tidak terkenal. Karena dengan tidak terkenal artinya kita bebas dari tekanan dan kita juga bisa berkembang tanpa gangguan.

Kita bisa terus membuat karya yang baik dan berkembang dari kesalahan. Lalu, ketika sudah siap, kita bisa membagikannya di internet. Mulai dari membagikan hasil karya yang udah jadi atau proses pembuatannya.

7. Ciptakan ruang kerja sendiri tapi jangan lupa untuk keluar

jangan lupa keluar, steal like an artist


Kamu bisa mulai mendesain ruang kerja yang nyaman dan bisa menginspirasi kamu.

Desainnya suka-suka, mau itu ruang kerja yang apa adanya, berantakan tapi kamu bisa gampang nyari apapun yang kamu butuhkan atau ruang kerja dengan desain estetik.

Ruang kerja yang nyaman bisa memunculkan ide-ide baru. Tapi jangan lupa untuk keluar sesekali dan mencari inspirasi di luar ruangan.

8. Hargai pujian tapi jangan biarkan kritik menghancurkanmu

Kalau kamu sudah siap membagikan hasil karyamu di internet artinya kamu udah siap mendapatkan kritikan dari orang-orang. Tapi jangan biarkan kritikan itu malah membuat kamu down. Kamu udah harus mulai mengabaikan tanggapan orang terhadap karyamu.

Om Kleon bahkan punya kebiasaan unik soal hate comment, dia akan secara khusus bangun di pagi hari untuk membaca komentar negatif lalu mendapatkan inspirasi untuk membuat karya lain dari sana.

9. Jadilah orang yang membosankan

Yang aku tangkap dari bagian ini adalah jadilah orang yang teratur, bangun - kerja - pulang dan gak peduli dengan kehidupan sosialita di luaran sana. Tipikal orang yang hidupnya membosankan bagi sosialita pada umumnya.

Dengan menjadi orang yang membosankan kamu bisa hidup lebih teratur, dan terhindar dari utang konsumtif. Kamu juga akan punya rutinitas harian dan bisa punya waktu yang banyak untuk membuat karya.

10. Buat batasan dan tentukan mana yang harus dibuang

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi di era digital dengan mudah seperti sekarang. Tapi justru karena itulah untuk tetap kreatif kamu harus membuat batasan dan tahu mana yang harus dibuang. Jika dikaitkan dengan sebuah konten, itu berarti harus membuat niche.

Om Kleon bahkan memberi contoh keterbatasan dalam dunia kreatif. Seperti, membuat film dari iPhone teman-teman, menggambar hanya dengan satu warna, membuat tulisan hanya dengan 236 kata atau bahkan merintis usaha tanpa modal awal.

Intinya, buatlah sesuatu dengan waktu, ruang dan bahan yang kamu punya sekarang.

Kesimpulan

menjadi kreatif itu mudah, steal like an artist

Oke, sekarang kita ke kesimpulannya. Menjadi kreatif itu sebenarnya mudah. Kita gak perlu punya peralatan bagus dulu untuk mulai membuat vlog, atau melukis atau kegiatan kreatif lainnya, gunakan saja apa yang ada didepan mata.

Selanjutnya, gunakan metode ATM, amati - tiru - modifikasi. Mulailah membuat karya sendiri lalu bagikan di internet agar dikenal. Tapi jangan sedih jika tidak segera terkenal, nikmati saja dulu, karena dengan tidak terkenal kamu punya banyak kebebasan buat berkarya.

Nah, banyak juga yang bermasalah dengan lokasi. Kayak, harus punya studio keren, atau ruangan kamar yang estetik. Padahal kamu tinggal menciptakan ruangan yang nyaman aja, udah.


Baca juga review lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar