10 Cara Efektif Membaca Buku Agar Lebih Cepat Paham

Cara Efektif Membaca Buku Agar Lebih Cepat Paham

Membaca buku merupakan kegiatan yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa menambah pengetahuan kita. Namun, terkadang kita merasa sedikit kesulitan untuk memahami isi buku dengan cepat.

Di bawah ini ada beberapa cara efektif membaca buku agar lebih cepat paham yang bisa kamu lakukan saat membaca buku yang kamu suka.

1. Memasang Target Membaca

Memasang target membaca menjadi cara pertama yang bisa kamu lakukan. Caranya adalah dengan menentukan berapa lama kamu akan membaca 1 judul buku. 

Misalnya, kamu ingin menyelesaikan satu buku itu dalam 1 minggu. Selanjutnya, kamu bisa membagi halaman buku tersebut ke dalam 7 hari membaca. Dengan begitu, kamu bisa tentukan berapa halaman yang akan kamu baca setiap harinya.

Dengan menentukan target, kamu bisa lebih fokus dan teratur dalam membaca buku.

2. Baca Daftar Isi Buku

Sebelum mulai membaca, kamu bisa baca dulu daftar isi dari buku yang akan kamu baca. Jika buku yang akan kamu baca termasuk buku fiksi, kamu bisa membaca sinopsis terlebih dahulu atau membaca review dari orang lain.

Hal ini seperti menonton trailer film sebelum menonton keseluruhan isi film. Dengan begitu, kamu bisa lebih memutuskan apakah buku tersebut cocok dengan minat kamu atau tidak.

3. Memasang Timer

Gunakan timer saat membaca. Misalnya, setel waktu membaca selama 30 menit. Ini membantu kamu tetap fokus dan menghindari membaca terlalu lama tanpa henti.

4. Memasang Marker

Gunakan marker atau penanda (misalnya, post-it) untuk menandai halaman atau paragraf yang penting. Ini memudahkan kamu kembali ke bagian yang kamu suka.

5. Memperhatikan Jarak Baca (Mata ke Buku)

Pastikan jarak pandang kamu nyaman saat membaca. Jangan terlalu dekat atau terlalu jauh dari buku.

6. Menambah Daftar Kosakata untuk Sendiri

Saat kamu menemukan kata-kata baru, kamu bisa mencatatnya dan buat daftar kosakata. Ini membantu memperkaya perbendaharaan kata kamu.

7. Menandai Kalimat Penting Menggunakan Highlighter

Gunakan highlighter untuk menyorot kalimat-kalimat penting. Ini membantu kamu mengingat informasi kunci. Jika kamu ingin tetap membuat bukumu bersih, kamu bisa gunakan post it berjenis "sticky highlighter".

8. Menulis Ringkasan dan Ulasan Buku

Setelah selesai membaca, kamu bisa tulis ringkasan singkat atau menulis ulasan dari buku yang sudah kamu baca. Ini membantu memperkuat pemahaman kamu dan juga meningkatkan daya ingat otak.

9. Memilih Bacaan yang Sesuai Selera 

Jangan termakan rayuan buku best seller, kamu perlu memilih buku yang sesuai dengan minat kamu. Jika kamu suka topik-nya atau genre-nya, kamu akan lebih termotivasi untuk membacanya.

10. Jangan Membaca Setiap Kata

Salah satu cara tidak efektif membaca buku adalah dengan membaca setiap kata, maka itu jangan membaca setiap kata, tapi gunakanlah teknik membaca "scanning". Yaitu dengan membaca dengan menggunakan visual mata kita, bukan membaca per kata dalam hati.

Terkadang, beberapa kata tidak relevan dengan inti cerita. Jangan ragu untuk melompati bagian yang kurang penting.

Membaca Buku Membutuhkan Latihan

Sebenarnya kegiatan membaca buku agar lebih cepat paham memerlukan latihan. Semakin sering kamu membaca dengan cara yang efektif, semakin cepat juga kamu akan memahami isi buku.

Tidak heran jika ada orang yang bisa membaca 100 buku per tahunnya karena sudah menerapkan cara efektif membaca buku ini.

Aku sendiri masih belum mencapai 100 buku per tahun, masih perlu latihan agar dalam sekali membaca aku bisa memahami keseluruhan isi buku.

Yang terpenting adalah tetap semangat untuk membaca buku, karena selain sebagai jendela dunia, buku bisa menjadi hiburan yang tepat disaat kita sedang merasa sendirian.

Baca juga artikel tentang membaca lainnya :

Posting Komentar

0 Komentar